Sukses

Belum Haid Usia 18 Tahun

31 Aug 2017, 18:50 WIB
Wanita, 18 tahun.

malam dok saya mahasiswa umur daya 18 th belum pernah mengangalami haid waktu tahun kmarin penah mengalain yang mananya kluar darah aku bingung itu haid atau cmn pendarahan soalnyaa darahnya cmn bbrapa jam sajaa mohonbjawabannya dok

Terima kasih sudah bertanya mengenai belum haid di usia 18 tahun melalui fitur Tanya Dokter

Umumnya seorang wanita akan mengalami pubertas dimulai di usia 8-9 tahun ditandai dengan tumbuhnya payudara. Kemudian diikuti dengan adanya pertumbuhan rambut kemaluan, dan mens pertama muncul 2-3 tahun kemudian. Gangguan terkait dengan belum mens dalam beberapa kurun waktu disebut sebagai Amenore

Belum haid di usia 18 tahun bukanlah hal yang wajar. Hal ini bisa berkaitan dengan persoalan organ reproduksi, hingga persoalan hormonal dan kromosom yang lebih kompleks. Apabila seseorang belum pernah haid sama sekali dalam hidupnya maka disebut sebagai amenore primer, sementara bila sudah pernah haid namun tiba tiba tidak haid dalam beberapa kurun waktu, disebut sebagai amenore sekunder. Tipe yang manakah teman Anda? Hal ini penting diketahui karena akan mempengaruhi pendekatan untuk menemukan penyebab masalah. Bisa jadi kondisi yang Anda alami saat itu adalah haid. Apakah Anda merasakan tanda haid seperti keram perut?

Hal yang sering berhubungan adalah himen imperforata yaitu kondisi tidak terbentuknya lubang pada selaput dara, sehingga darah haid tidak bisa keluar. Pada kasus ini, maka wanita akan mengalami tanda pubertas lain seperti anak seusianya dan mengalami nyeri rutin setiap bulan. Kpndisi ini diatasi dengan membuat lubang di selaput dara. Kondisi berikutnya bisa berkaitan dengan gangguan pubertas. Beberapa pengamatan diperlukan untuk memastikan ada atau tidaknya tanda pubertas pada teman Anda. Apabila tidak ada tanda pubertas maka pemeriksaan ultrasonografi diperlukan untuk memastikan keberadaan rahim. Sejumlah pemeriksaan lain bisa diperlukan sesuai kebutuhan.

Beberapa waktu terakhir, angka bulimia dan anoreksia, yaitu kelainan pola makan dimana anoreksia pasien hingga kurus sekali dan bulimia ditandai dengan suka memuntahkan makanan, makin banyak dan berkaitan dengan kondisi tidak adanya haid (amenore).Kondisi perempuan dengan tingkat aktivitas tinggi seperti atlet, berat badan yang terlalu kurus, juga bisa mengakibatkan kondisi serupa.

Kami sarankan supaya Anda memeriksakan diri terlebih dahulu pada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk evaluasi.

Demikian informasi terkait belum haid di usia 18  tahun kami berikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar