Sukses

Perawatan Luka Penyandang Diabetes

31 Aug 2017, 17:23 WIB
Wanita, 17 tahun.

Saya mau tanya, ayah saya punya penyakit diabetes & baru2 ini beliau terkena cantengan di tengah ibu jari tangannya dan baru selesai melakukan operasi ringan untuk mengeluarkan cairan nanah di tangannya tersebut. Dok kalau ibu jarinya itu setelah di kompres dengan cairan seperti infus lalu di taburi oleh serbuk obat enbatic , apa itu boleh ? Tolong di jawab ya dok.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai perawatan luka penyandang diabetes.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Pada dasarnya luka pada penyandang diabetes lebih sulit sembuh bila dibandingkan dengan luka kaki pada orang biasa. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pembuluh darah pada penyandang diabates sehingga proses penyembuhan luka lebih lambat dan membutuhkan penanganan khusus.

Agar luka pada penderita diabetes cepat sembuh, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti mengontrol kadar gula darah dengan baik, mengatasi infeksi, dan perawatan luka dengan baik.

Tindakan perawatan luka yang bisa dilakukan pada ayah Anda tentu dengan pembersihan dan pergantian verban harus dilakukan secara rutin oleh dokter, agar tatalaksana yang diberikan bisa disesuaikan dengan kondisi luka. Sehingga kami tidak menyarankan Anda menggunakan obat yang Anda sebutkan di atas tanpa pengawasan dokter. Di samping itu, kontrol secara rutin penyakit diabetes yang ayah Anda alami juga harus terus dilakukan dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai luka penyandang diabetes. Semoga bermanfaat.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar