Sukses

Batuk Lama pada Anak

31 Aug 2017, 14:05 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya mau tanya ponakan saya batuk kering sudah bertahun-tahun semenjak umur 2tahun, awalnya dia mengalami batuk 100hari tidak kunjung sembuh sampai sekarang in dia sudah berumur 6 tahun, ibunya sudah bolak balik ke dokter ahli anak kata dokter paru-parunya tidak ada masalah, hanya saja banyak lendir kata dokter harus d sedot, nanti balik lagi, kebetulan kakak dan ponakan saya balik dokternya gak ada, jarak yg di tempu lumayan jauh dari rumah sampai kk saya tidak mau lagi ke dokter, karena masalah ekonomi.. Selanjutnya ia kasih obat herbal smpai saat in, redah tapi gak lama batuknya balik lagi, sampai sekarang in dok..

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan Tanya Dokter KlikDokter tentang Batuk Lama pada Anak.

Batuk merupakan fenomena yang normal karena batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan pernapasan yang dapat mencegah aspirasi makanan padat, cair, dan berbagai benda asing lain (aspirasi = terhirup ke paru-paru). Batuk sendiri merupakan mekanisme untuk mengeluarkan lendir berlebih yang diproduksi oleh saluran pernapasan terutama apabila saluran pernapasan sedang meradang. Batuk juga merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga).

Batuk yang keponakan Anda alami dapat dikategorikan sebagai Batuk Kronik Berulang (BKB) karena sudah berlangsung lebih dari 14 hari. BKB dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah infeksi virus (bronkiolitis), TBC, alergi, atau asma. Masing masing penyebab memiliki karakteristik masing-masing.

Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  • Alergi. dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak
  • Asma, penyakit gangguan saluran pernapasan yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (mengi) dan / atau batuk persisten yang disebabkan penyempitan otot saluran pernapasan akibat peradangan dan produksi lendir berlebihan. Asma merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan secara permanen, namun dapat di kontrol dengan tata laksana yang tepat. ?Beberapa zat atau bahan yang dapat mencetuskan timbulnya serangan asma adalah:? Benda-benda dalam ruangan (tungau debu rumah dalam kasur, karpet, dan perabotan kotor dan bulu binatang)?,
  • Benda-benda di luar ruangan (polusi, asap buangan pabrik)?, Asap rokok?, Refluks gastroesofagus (sering muntah)?, Udara dingin, emosi yang berlebihan seperti marah atau ketakutan dan olahraga juga dapat mencetuskan serangan asma. Bahkan beberapa obat seperti aspirin dan obat anti inflamasi lainnya dan beta bloker juga dapat mencetuskan serangan.
  • Infeksi, seperti Tuberkulosis (TBC) ataupun infeksi mikoplasma, infeksi sinus
  • Bronkitis, yaitu radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru
  • Post Nasal Drip, ada cairan di belakang hidung

Mengingat ketepatan diagnosa hanya dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik langsung disertai dengan beberapa pemeriksaan penunjang, kami sarankan Anda mengkonsultasikan kondisi anak anda kepadamengunjungi Dokter Spesialis Anak atau Spesialis Paru untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. Jika memang batuk pada keponakan anda disebabkan penyakit, sebaiknya ditangani sesegera mungkin. Penyakit kronis pada anak berpotensi mengganggu tumbuh dan kembangnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Batuk Lama pada Anak, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar