Sukses

BAB Tidak Lancar Pada Anak

31 Aug 2017, 12:07 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok,anak saya berumur 4m2w sudah 3hari ini blm pup. Biasanya rutin tiap subuh pup dan bisa 3-4x dlm sehari. Saat saya bawa ke tempat lain dgn kereta hari itu juga pup hanya sekali. Besoknya ga pup sampe 2hr baru pup dan sempat lancar hanya sehari setelahnya. Setelah itu blm pup sampai 3hr ini. Selama itu asupan makanan saya normal & selama itu pula saya memperbanyak konsumsi daun katuk. Apakah ada kemungkinan daun katuk jadi pengaruh krg lancarnya pup anak saya? Dan apakah berbahaya/parah jika bayi kurang lancar pencernaannya spt itu? Apa yg harus saya lakukan dok? Mohon solusinya..terimakasih

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih atas pertanyaan Anda seputar BAB tidak lancar pada anak melalui fitur Tanya dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda, namun Anda tidak perlu khawatir selama bayi Anda tetap tampak sehat, berat badan tetap bertambah, perut tidak kembung dan bayi Anda tidak rewel. Memang wajar terjadi perubahan dalam frekuensi BAB bayi dengan semakin bertambahnya usia bayi, hal tersebut menunjukkan bahwa seluruh produk yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap oleh sistem pencernaan bayi. Tidak ada batas waktu yang dapat dijadikan patokan waktu yang normal bagi bayi untuk BAB. Frekuensi buang air besar pada bayi bervariasi, dapat 4 - 10 kali sehari atau sebaliknya, sekali dalam 3 - 7 hari.

Yang perlu Anda khawatirkan adalah jika perubahan frekuensi BAB pada bayi Anda disertai dengan timbulnya keluhan-keluhan seperti bayi menjadi lebih rewel, perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, dll. Jika hal-hal tersebut terjadi pada bayi Anda, kami sarankan sebaiknya Anda segera membawa bayi Anda ke dokter anak.

Selama bayi Anda mendapatkan asupan nutrisi yang baik dari asupan susunya maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Selama nafsu makannya baik maka anak Anda dapat memperoleh asupan nutrisi yang baik. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar