Sukses

Selalu Telat Haid

31 Aug 2017, 07:14 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat mlm dok, saya mau tanya klo penyebab telat dtang bulan krna apa ? Soal nya stiap saya periksa ke dokter psti jwban nya bnyak pikiran, stres, kurang olah raga, kecapean psti gtu trus.. Pdhl kn saya udh coba tuh semua nya tp tetep aja masih telat dtang bulan.. Apakah telat dtang bulan ada efek nya dok krna g bisa hamil ? Mkasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan seputar telat haid menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda

Siklus haid normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Sebelumnya beberapa hal perlu di evaluasi terkait keluhan Anda. Pernahkah Anda menghitung siklus haid Anda? SIklus haid dimulai dari hari pertama haid sampai hari sebelum Anda haid di periode berikutnya. Seperti yang saya sebutkan tadi, bisa saja seseorang memiliki siklus haid hingga 35 hari atau lebih. Patokan telat haid bukan dari kalender, misalnya tanggal 4 bulan depan juga harus tanggal 4. Kalau siklus Anda lebih dari 30, misalnya 32 maka pasti setiap bulan haid Anda akan mundur selama 2 hari. Begitupun sebaliknya bila haid Anda lebih cepat.

Siklus haid memang dapat maju dan mundur. Umumnya pada remaja, telat haid disebabkan oleh gangguan hormonal yang berkaitan dengan sejumlah faktor seperti yang dokter Anda sebutkan. Bila memang haid Anda siklusnya lebih dari 35, maka kondisi ini menyebabkan haid dua bulan sekali, disebut sebagai oligomenore. Beberapa hal perlu di evaluasi terkait hormon atau organ reproduksi itu sendiri. 

 

Berikut saya rangkumkan kembali kemungkinan penyebab telat haid, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Stres psikologis
  • Aktivitas Olahraga Berat seperti pada atlet atletik
  • Gangguan hormon tiroid
  • Dan lain sebagainya
  • Masalah organ reproduksi. Kelainan pada ovarium (indung telur) polikistik juga dapat mengakibatkan haid yang menjadi lebih jarang. Kondisi ini biasanya ditandai dengan peningktan berat badan, dan pertumbuhan rambut yang tidak wajar pada wanita. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG.

Bila semua memang sudah Anda coba atasi, sementara keluhan masih ada, maka Anda boleh saja berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk evaluasi menyeluruh.

Demikian informasi tentang telat haid yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar