Sukses

Anemia Kambuh, Mungkinkah?
31 Aug 2017, 07:14 WIB
Wanita, 19 tahun.

Permisi dok, saya mau tanya. Saya punya riwayat anemia tapi belakangan ini anemia saya kambuh disertai demam. Apakah itu berbahaya?

Terima kasih sudah bertanya mengenai anemia melalui fitur Tanya Dokter

Anemia adalah kondisi rendahnya sel darah merah di dalam tubuh. Kondisi ini dikonfirmasi melalui pemeriksaan laboratorium. Kapan Anda terakhir melakukan pemeriksaan darah? Berapa nilai Hb (Hemoglobin) yang ditunjukkan. Anemia bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti perdarahan yang banyak setiap kali mens, atau kondisi makanan yang sedikit zat besi. Anemia juga bisa terjadi karena adanya pemecahan sel darah merah yang bisa terjadi karena proses imun tubuh ataupun karena infeksi seperti malaria. 

Istilah kambuh untuk anemia bukanlah hal yang lazim. Kecuali, Anda mempunyai riwayat anemia karena penyakit autoimun atau alergi terhadap obat tertentu.  Kasus demikian jarang terjadi. Anemia yang paling sering adalah terkait kekurangan zat besi karena riwayat haid yang banyak atau pola makan yang tidak baik. Demam yang Anda rasakan saat ini bisa jadi hal yang baru dan tidak berkaitan dengan anemia yang Anda alami. Demam dengan anemia yang mendadak bisa juga berkaitan dengan malaria, biasanya mengenai seseorang yang riwayat bepergian pada daerah endemis malaria. Bagaimana dengan  upaya Anda mengatasi anemia yang Anda alami? Sudah kah Anda menjalankan pengobatan? 

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri kepada dokter supaya anemia, dan demam Anda bisa mendapat penanganan yang tepat. Secara umum penanganan anemia berdasarkan penyebab yang mendasarinya. Bila karena berkaitan dengan zat besi, maka bisa diberikan suplemen besi dan konsumsi makanan kaya zat besi seperti daging dan hati.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai anemia. Semoga bermanfaat

1 Komentar

  • emilsampeno

    Daris Sumber https://akurat.co/gayahidup/id-299551-read-teh-dari-buah-bit-sudah-tahu-khasiatnya Khasiat dari teh yang mencegah anemia