Sukses

BAK Tidak Lancar

31 Aug 2017, 02:08 WIB
Pria, 23 tahun.

bngi dok tiap pagi kalo bangun tidur saya usahakan kencing tapi air kencing nya tidak lancar terus saya periksa kedokter dikasi obat saya minum obat nya kok malah saya tidak bisa merasakan ingin buang air kencing padahal sudah minum banyak

Terima kasih telah bertanya tentang BAK tidak lancar melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sejak kapan Anda merasakan keluhan tersebut? apakah keluhan disertai dengan gejala seperti BAK keruh? BAK berdarah? keluar pasir dari air kencing? BAK terputus-putus? anyang-anyangan? Apakah Anda harus mengedan sewaktu BAK? Apakah setelah BAK masih ada sedikit urin yang menetes-netes? Sering terburu-buru (kebelet) BAK? Frekuensi BAK meningkat namun sedikit-sedikit? Sering terbangu malam hari untuk BAK?

Sering menahan BAK dapat memberikan efek buruk bagi saluran kemih, meningkatkan risiko infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Kesulitan BAK juga dapat disebabkan oleh pembesaran prostat jinak. Air seni yang sedikit dapat disebabkan oleh kurangnya cairan tubuh.

Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis urologi untuk tatalaksana yang optimal serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Adapun yang dapat Anda lakukan sendiri sebagai tindakan pencegahan adalah:

  • konsumsi air putih dalam jumlah banyak setiap harinya (lebih kurang 2 liter/hari atau 8 gelas/hari)
  • hindarilah kebiasaan menahan kemih
  • jagalah kebersihan daerah kemaluan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai BAK tidak lancar. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar