Sukses

Nafas Pendek Dan Sakit Maag

30 Aug 2017, 20:08 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, akhir-akhir ini nafas saya sering pendek dan sekali nafas langsung panjang (berasa lega). Dulu saya sempat kena maag dan ke dokter, dokter bilang perut saya kosong dan nafas saya pendek ini karena banyak sekali udara dr perut yg menekan (seingat saya seperti itu sampai digambarkan ilustrasinya). Namun, sekarang ini saya jadi khawatir kalau-kalau ada masalah dengan pernafasan saya dok. Dokter memang berpesan saya mengurangi makanan yg memicu maag serta rutin makan, tp saya belum benar2 bisa ngelakuin dok, apakah menurut dokter nafas saya pendek karena ada hubungannya dengan maaf (seperti yg dokter saya katakan) atau dokter melihat ada indikasi lain?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Nafas Pendek Dan Sakit Maag melalui fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Menurut pendapat Kami, hal tersebut memang dapat terjadi, karena peningkatan asam lambung apalagi diperberat dengan makan yang tidak teratur sehingga asam lambung makin bertambah banyak, yang mengakibatkan lambung mendesak diafragma (sekat rongga dada) menjadi naik mendorong paru-paru sehingga fungsi paru agak terganggu, karena tidak dapat bernafas secara maksimal.

Sehingga Anda merasakan sesak nafas. Biasanya keluhan seperti ini dapat diatasi dengan memberikan obat menghambat produksi asam lambung, makan secara teratur, sedikit-sedikit tapi sering sehingga lambung dijaga jangan sampai kosong sama sekali, hindari makan makanan yang merangsang peningkatan asam lambung seperti asam, pedas, minuman bersoda, makanan bergas seperti kol, lobak, merica. Hindari juga stress, karena hal itu ternyata penyebab tersering terjadinya gangguan lambung. 

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk evaluasi dan tatalaksana selanjutnya jika keluhan Anda tidak teratasi dengan obat lambung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Nafas Pendek Dan Sakit Maag. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar