Sukses

Bekas Urut Tidak Kembali Normal

30 Aug 2017, 19:20 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok,saya mau bertanya,saya kecelakaan sekiranya 2 tahun yang lalu,pergelangan tangan kiri(tempat urat nadi) saya keseleo mungkin dok,bengkak dan juga tidak bisa di gerakan,lalu saya bawa ke tukang urut,alhasil sekarang tiba bisa di tekuk sempurna seperti tangan kanan,karna tertahan,dan sampai sekarang sudah 2 tahun kejadian masih terasa sakit dokter,apalagi kalo tertekan atau tersenggol keras akan sakit,dan juga saya olahragawan sama kiper futsal,kalo selesai main tangan kiri saya sakit luar biasa,kira2 apa yang terjadi dok? Diagnosis awal dari dokter? Lalu apa yg harus saya lakukan? Apakah bisa kembali normal? Terimakasih dok.

Terima kasih sudah bertanya mengenai bekas urut tidak kembali normal melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. 

Saat Anda mengalami kecelakaan dua tahun yang lalu, bengkak dan sulitnya digerakkan bisa disebabkan banyak hal.  Bagian pergelangan tangan disusun oleh otot, tendon, tulang, saraf, dan sendi. Semua struktur tersebut bisa saja mengalami kerusakan akibat kecelakaan. Penanganan yang tidak tepat dari kasus tersebut sangat mungkin mempengaruhi kondisi yang Anda alami saat ini. Apakah saat dua tahun yang lalu Anda sempat memeriksakan diri ke dokter dan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti rontgen?

Pemeriksaan rontgen merupakan salah satu pemeriksaan sederhana yang bisa digunakan. ROntgen berfungsi menilai ada atau tidaknya patah tulang. Otot, saraf, dan tendon tidak bisa terlihat dengan rontgen. Disamping itu area pergelangan tangan merupakan area yang banyak tulang kecil, bisa saja terdapat gambaran yang tidak begitu jelas dari rontgen. Masalah yang sering terjadi adalah, ketika patah tulang pasien hanya ke dukun urut, hal ini mengakibatkan tulang dalam penyembuhannya tidak dalam posisi yang benar, sehingga ketika tulang menyatu posisinya menjadi aneh. Kondisi ini disebut dengan mal union. 

Masalah otot juga bisa mengakibatkan kondisi Anda, akan tetapi bila dalam posisi yang baik, maka otot mengalami penyembuhan yang lebih cepat daripada tulang. Adanya pergeseran sendi juga bisa berisiko, dan terkadang mengakibatkan gangguan luwesnya gerakan seperti yang Anda rasakan. Disamping itu pergeseran sendi juga bisa disertai dengan penjepitan saraf

Banyak hal harus dievaluasi dari kondisi Anda saat ini. Evaluasi dimulai dari wawancara (anamnesis) terkait riwayat penyakit yang dialami, pemeriksaan fisik untuk melihat fungsi alat gerak, dan persarafan, serta mungkin pemeriksaan penunjang lainnya. Kemungkinan sembuh ditentukan dari masalah Apa yang menyebabkan kondisi Anda . Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis tulang atau Ortopedi terkait masalah ini

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bekas urut yang tidak kembali normal. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar