Sukses

Air Seni Berbau Tidak Sedap

30 Aug 2017, 18:15 WIB
Wanita, 29 tahun.

Pagi dok, saya mau tanya, saya mengidap diabetes, yang mau saya tanya dok adalah, air seni saya kan ber bau amis, tapi setelah didiamkan kenapa menjadi busa dan berbau asam, apakah itu normal untuk penderita siabetes. Terimakasih.

Terima kasih telah bertanya tentang air seni berbau tidak sedap dan berbusa melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai air seni berbau tidak sedap dan berbusa pasti sangat mengganggu Anda.

Ada beberapa keadaan yang dapat menyebabkan urin atau air seni berbau tidak sedap, misalnya makan makanan tertentu dapat menyebabkan perubahan aroma urin (petai, jengkol, durian). Kondisi kurang cairan (dehidrasi) dapat menyebabkan urin menjadi pekat dan lebih bau. Ada juga penyakit-penyakit tertentu yang dapat menyebabkan perubahan aroma urin, tetapi tentunya tidak bisa menegakkan diagnosis penyakit hanya melalui urin berbau tidak sedap.

Untuk sementara, minumlah banyak air putih minimal 2 liter/hari, hindari kebiasaan menahan kencing, dan selalu jaga kebersihan daerah kemaluan. Apakah ada keluhan seperti demam atau nyeri saat BAK?

Infeksi pada saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri juga dapat berujung pada urine yang kelabu dan berbusa. Kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya urine berbusa yang sangat signifikan adalah karena adanya gangguan pada ginjal, baik itu kerusakan maupun infeksi pada ginjal tersebut. 

Sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik sehingga penyebab dari gejala Anda dapat diketahui dan diobati.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai air seni berbau tidak sedap dan berbusa. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar