Sukses

Pertanyaan Seputar Menstruasi Tidak Teratur

30 Aug 2017, 17:47 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok.. Saya ada riwayat sakit tipus dan sering kambuh dikarenakan saya bandel makan pedas asam dan makannya tidak teratur. Akan tetapi disaat tipus tidak kambuh hanya sakit flu dan batuk sering sekali kepala itu pusing seperti ada yg menarik rambut saya. Pertama pusingnya hanya disisi kiri lamakelamaan merata sakitnya pusing. Jika saya posisi duduk akan berdiri rasanya ingin jatuh tidur hendak duduk bangunpun juga begitu. Meskipun tidak sakit flu dan batuk hanya demam mengapa sakit kepalanya seperti itu ya dok? Dan juga saya mau tanya. Saya haid dulu itu sangat teratur hanya tanggalnya saja terkadang tanggal 5 terkadang tgl 15 terkadang tanggal 25. Sejak th 2012 haid saya tidak lancar hanya 2bulan sekali. Berlanjut sampai th 2015 saya menikah dan haidnya mulai tak masuk diakal. Terkadang 3bln sekali 5bln sekali saya sampai bingung saya kira hamil ternyata tidak. Sampai beli tespack banyakpun juga belum hamil. saya juga belum ikut program apapun.. dan baru minggu ini perut bagian bawah sampai miss v terasa seperti ditusuk. Gejala apa ya dok? terimakasih...

Terima kasih telah bertanya mengenai menstruasi tidak teratur menggunakan fitur Tanya Dokter.

Terkait keluhan yang Anda alami, pertama-tama izinkan kami untuk menjelaskan sedikit mengenai siklus menstruasi/haid secara umum. Siklus haid umumnya dihitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya. Normalnya, siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari, dengan durasi selama 3-7 hari dan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari.

Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan di atas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan perlu dievaluasi lebih lanjut. Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain:

Kehamilan
Stress dan depresi
Nutrisi yang kurang
Penurunan berat badan berlebihan
Olahraga berlebihan
Obesitas
Gangguan bagian tertentu pada otak yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon
Gangguan indung telur
Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll

Bila siklus Anda di luar batas normal, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan guna dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung. Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai menstruasi tidak teratur, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar