Sukses

Tinea Kruris Pada Ibu Menyusui

30 Aug 2017, 17:43 WIB
Wanita, 29 tahun.

Apa obat yg aman untuk busui jika terjangkit jamur dermatofita E. Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes menyebabkan tinea kruris. Biasanya mengenai daerah bokong, selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dapat terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja. Keluhan utama adalah rasa gatal yang dapat hebat, terlebih jika kondisi kulit berkeringat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Bagian tengah menyembuh berupa daerah coklat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit.

Terima kasih telah bertanya seputar tinea kruris pada ibu menyusui melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami. Tinea adalah penyakit pada jaringan yang mengandung zat tanduk, misalnya lapisan teratas pada kulit pada epidermis, rambut, dan kuku, yang disebabkan golongan jamur dermatofita (jamur yang menyerang kulit). Tinea kruris sendiri merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur pada daerah genitokrural (selangkangan), sekitar anus, bokong dan kadang-kadang sampai perut bagian bawah.

Obat jamur yang digunakan untuk jamur selangkanan adalah obat anti jamus golongan azole dan allylamines. Dari golongan tersebut belum ada yang dapat dipastikan tidak terserap ke air ASI. Tetapi beberapa penggunaan obat tersebut masih dapat ditoleransi asal digunakan pada batas waktu yang wajar dan penggunaan yang benar sesuai indikasi. Salah satu obat yang dapat digunakan tetapi harus dibawah pengawasan dokter adalah penggunaan salep miconazole.

Sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter kulit dan kelamin bila keluhan belum membaik juga.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai tinea kruris pada ibu menyusui. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar