Sukses

Apakah Gejala Usus Buntu?

25 Aug 2017, 10:12 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok saya ingin bertanya mengapa belakangan ini perut saya mengalami perih di daerah dekat pusar jika pinggang samping kanan saya ditekan rasanya nyeri sampai ke bagian pusar dan tidak ditekan pun rasa nyeri itu datang lagi, serta saya sering mengeluh susah BAB, apakah itu adalah gejala usus buntu atau hanya infeksi pencernaan

Terima kasih telah bertanya tentang gejala usus buntu melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai nyeri perut sebelah kanan pasti sangat mengganggu Anda.

Gejala awal radang usus buntu sering dirasakan di bagian ulu hati atau sekitar pusar kemudian berpindah ke perut kanan bawah beberapa jam kemudian. Rasa nyeri yang dirasakan biasanya sangat hebat penderitanya sulit berdiri dan berjalan.

Gejala lain yang sering dirasakan penderita apendisitis yakni demam, mual, muntah, dan tidak nafsu makan. Biasanya seseorang mengira gejala radang usus buntu seperti penyakit mag yang butuh pengobatan khusus.

Usus buntu dapat pecah bila terlambat ditangani. Jika pecah, isi usus buntu akan menyebar di rongga perut dan menyebabkan infeksi di seluruh lapisan rongga perut (peritonitis). Gejalanya berupa nyeri hebat di seluruh perut, perut kaku seperti papan, muntah-muntah, tidak bisa buang angin, dan tidak bisa buang air besar.

Penanganan untuk pasien peritonitis, dokter perlu melakukan tindakan pembedahan sesegera mungkin untuk menyelamatkan nyawa penderita radang usus buntu. Seluruh perut akan dibersihkan dan usus buntu akan dibuang.

Sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik sehingga penyebab dari gejala nyeri perut sebelah kanan Anda dapat diketahui dan diobati.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai gejala usus buntu. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar