Sukses

Menangani Alergi Kulit

30 Aug 2017, 17:40 WIB
Pria, 19 tahun.

Maaf saya mau tanya. Kulit saya bintik" berair akibat biang keringat dan terkena debu. Dan kalu malam hari suka gatal, apabila saya garuk jadi nimbul koreng. Kira" obat apa ya yg cocok buat saya. Sekian terima kasihh..

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar alergi kulit melalui fitur Tanya Dokter.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Mengatasi Alergi dengan Antihistamin

Alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh melepaskan zat kimia yang disebut dengan histamin, sebagai respon saat kontak dengan alergen (penyebab alergi). Histamin merupakan salah sat zat kimia yang menyebabkan peradangan dan berbagai reaksi alergi pada kulit, saluran pernapsan maupun mata.

Saat histamin dilepaskan selama proses reaksi alergi, Anda akan mengalami gejala-gejala alergi.

Meskipun antihistamin tidak bisa menyembuhkan gejala-gejala alergi, obat ini bisa menghambat efek histamin dan mengurangi gejala-gejala yang Anda alami. Antihistamin membantu meredakan gejala-gejala di saluran pernapasan, kulit dan mata.

Antihistamin akan bekerja lebih baik jika digunakan sebelum Anda merasakan gejala-gejala alergi. Jika digunakan secara teratur, antihistamin bisa membentuk perlindungan dalam darah untuk melawan alergen dan pelepasan histamin. Tapi, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Namun sayang sekali kami tidak dapat memastikan apakah kondisi yang Anda alami adalah alergi atau bukan, karena dibutuhkan anamnesis dan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang lebih lanjut. Oleh karena itu kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah benar yang anda alami adalah alergi.

 Namun, seperti yang kami jelaskan di atas, satu-satunya cara paling efektif dalam mengatasi alergi adalah menghindari pemicu. Gejala akan kembali muncul jika Anda terpapar dengan hal atau bahan pemicu alergi.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar alergi kulit, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar