Sukses

Masa Pakai Alat Kontrasepsi IUD

30 Aug 2017, 15:54 WIB
Wanita, 44 tahun.

Tulis Pertanyaan...dok KB IUD masa pakainya berapa tahun , apa perlu dicek tiap tahun.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai masa pakai alat kontrasepsi IUD.

IUD (Intra Uterine Device) atau Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) merupakan alat kontrasepsi yang dipasang dalam rahim. IUD menjadi salah satu kontrasepsi pilihan untuk ibu pasca persalinan dan menyusui karena tidak mengganggu produksi ASI. IUD bisa digunakan pasca persalinan dan paling potensi untuk mencegah kegagalan program Keluarga Berencana (KB). Pemasangan IUD pun cenderung praktis dan biasa dilakukan pasca persalinan. 

IUD dapat bertahan hingga 5-10 tahun, sesuai dengan jenis IUD. IUD jenis apa yang Anda gunakan? IUD non hormonal perlu diganti 5 tahun sekali karena ada kemungkinan berkarat, namun tidak akan membahayakan tubuh. Sedangkan IUD hormonal bertahan sampai 5 tahun dan harus dipantau efeknya terhadap keseimbangan hormon Anda.

Yang menjadi masalah adalah efektifitasnya. Bila IUD sudah lewat masa pakainya, efektifitasnya akan berkurang dan sudah tidak ada efek perlindungan terhadap kehamilan. Kondisi lain dari IUD yang dibiarkan dalam waktu lama ialah timbulnya infeksi jamur atau perdarahan. Responnya dapat berbeda-beda pada setiap orang.

Efek samping pemakaian kontrasepsi spiral (IUD) yang paling sering terjadi adalah peningkatan volume darah menstruasi yang diikuti dengan dismenorea atau nyeri ketika menstruasi. Apakah Anda memakai IUD dengan hormon di dalamnya? Kandungan hormon di dalam IUD dapat menyebabkan perubahan siklus menstruasi. Apakah siklus menstruasi Anda sebelumnya teratur? Pemakaian IUD memang dapat merubah siklus menstruasi. Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung ke dokter kebidanan dan kandungan untuk konsultasi lebih lanjut mengenai perencanaan program KB Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai masa pakai alat kontrasepsi IUD. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar