Sukses

Susu Dan Tepung Terigu Bagi Pengidap Autis

29 Aug 2017, 22:11 WIB
Pria, 30 tahun.

anak saya berumur 4th di diagnosa mengidap autis. apakah benar tidak boleh mengkonsumsi susu dan tepung terigu?dan anak saya di beri resep obat anti psikotik,padahal anak saya tidak hiperaktif,tidak tantrum apalagi berusaha menyakiti diri sendiri,apakah obat tersebut memang perlu di konsumsi?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terimakasih Anda telah bertanya tentang Susu dan Tepung Terigu Bagi Penderita Autis menggunakan layanan Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Autisme adalah suatu gangguan pertumbuhan yang dialami oleh anak-anak yang ditandai dengan ketidakmampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara sosial. Untuk mengurangi gejala autisme, orangtua seringkali mencoba pilihan melalui diet khusus, Belakangan ini diet bebas gluten dan kasein mulai diminati.

Gluten
Gluten adalah campuran amorf (bentuk tak beraturan) dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma (dan juga tepung yang dibuat darinya). Keuntungan diet ini didasari oleh teori dimana penderita autis seringkali alergi atau hipersensitif terhadap makanan-makanan yang mengandung gluten maupun kasein. Penderita autisme memproses peptida dan protein yang dikandung oleh makanan tersebut berbeda dari orang lain. Protein ini diproses otak seperti reaksi kimia yang menyerupai opiat. Ide inilah yang digunakan diet ini untuk mengurangi gejala dan meningkatkan fungsi kognitif dan berbicara. .

Berikut contoh-contoh makanan yang mengandung gluten:

Roti dan produknya (pizza, bagel, pie, dll);
Tepung roti;
Gandum dan produknya;
Bir;
Pasta;
Sereal;
Kue;
Daging kemasan;
Saus, termasuk kecap manis;
Kentang goreng;
Oat.
Pada diet bebas gluten, roti, gandum, dan produknya seringkali dilarang. Oleh karena itu penting agar anak-anak memperoleh pengganti serat, vitamin dan mineral misalnya melalui pemberian suplemen. Selain itu, terdapat nutrisi lainnya yang sebaiknya dihindari oleh penyandang autis, yaitu kasein.

 

Kasein

Kasein merupakan suatu protein yang lazim ditemukan pada susu dan produknya. Bahkan produk yang dilabeli "dairy - free" ataupun "lactose free" juga mengandung kasein.

Berikut produk - produk yang mengandung kasein:

Susu, termasuk susu kedelai
Yoghurt
Keju
Mentega
Es krim
Whipped cream


Karena diet ini membatasi asupan produk susu, Anda harus memastikan agar anak Anda memperoleh sumber kalsium dan vitamin D yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Konsultasikan dengan dokter terkait dengan hal ini.

Terkait dengan penggunaan obat, kami sarankan Anda berkonsultasi dnegan dokter anak Anda kembali karena beliau yang paling mengetahui kondisi anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Susu dan Tepung Terigu Bagi Penderita Autis , semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar