Sukses

Mengembalikan Rambut pada Trikotilomania

30 Aug 2017, 10:32 WIB
Pria, 20 tahun.

Jadi gini, saya sering mencabut rambut sendiri, dan udah jadi kebiasaan, saya cari di internet ternyata itu Trikotilomania. Sudah saya lakukan sejak kelas 2 SMP, sekarang sudah kuliah, untuk beberapa tahun terakhir kebiasaan ini dapat saya kurangi, dan sekarang cukup bisa menahan diri untuk menabut rambut sendiri. Namun bagian rambut kepala agak menipis, padahal aslinya rambut saya tergolong lebat dan tebal, jadi masih bisa ditutupi. Jadi, apakah rambut yg saya cabut masih bisa tumbuh seperti semula? Dan sekarang saya sendiri menggunakan semacam obat cair namanya Minoxidil 5%, baru make jadi belum keliatan hasilnya. Mohon saran dan bimbingannya ya.. :)

Terimakasih telah bertanya tentang mengembalikan ketebalan rambut melalui fitur Tanya Dokter.

Kami turut senang jika Anda sudah berusaha untuk mengurangi kebiasaan mencabuti rambut.

Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase pertumbuhan ini.

Selain kebiasaan mencabuti rambut, kebotakan juga dipengaruhi oleh faktor keturunan, stres, usia, penyakit seperti diabetes atau lupus, gangguan kulit kepala, terkena bahan kimia, dan nutrisi yang kurang. 

Selain menggunakan minoksidil, berikut yang dapat Anda lakukan agar rambut tumbuh lebat kembali.

  1. Kurangi atau hentikan merokok. Penelitian menunjukkan merokok dapat meningkatkan kerontokan rambut.
  2. Makan menu makanan yang sehat dan seimbang serta tidur yang cukup.
  3. Pijat-pijat kulit kepala setiap kali habis keramas. Ini akan mengaktifkan kelenjar minyak dan memperlancar perdaran darah di kulit kepala sehingga rambut menjadi sehat. Anda dapat pula memijat kulit kepala dengan minyak zaitun untuk memicu pertumbuhan. Setelah itu baru dicuci dengan sampo hingga bersih.
  4. Singkirkan stress dari gaya hidup Anda.
  5. Perlakukan rambut Anda dengan baik, hindari cara menyisir atau merawat rambut yang salah dan berlebihan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar mengembalikan ketebalan rambut. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar