Sukses

Bisul Yang Tidak Kunjung Sembuh

30 Aug 2017, 07:19 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok saya mau bertanya, di daerah anus saya ada bisul dan sudah saya obati tetapi benkak bisul tidak hilang hampir 2 bulan, dan kadang suka nyeri sendiri. Dan dok di lubang anus saya itu gatal seperti ada yang bergerak, seperti keremianlah bgtu. Itu ciri" penyakit apa dok dan bagaimana cara mengobatinya. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang Bisul  yang tidak sembuh menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri yang umumnya terdapat di kulit yaitu Staphylococcus aureus. Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, luka, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. Pada kondisi tertentu maka infeksi bisa lebih dalam sehingga mengakibatkan terjadinya abses. Abses adalah terbentuknya rongga berisi nanah didalam kulit. Disamping penyeberan dari furunkel abses daerah anus juga bisa terjadi karena infeksi kelenjar di anus.

Rasa gatal di anus bisa saja disebabkan adanya kremi bisa saja tidak. Bila memang disebabkan kremi harusnya Anda bisa menemukan cacing yang memang keluar atau pemeriksaan penunjang yang biasanya dilakukan oleh dokter yang dilanjutkan dengan pemeriksaan mikroskop. Peradangan di daerah anus seperti yang Anda alami juga bisa mengakibatkan sensasi gatal sehingga terasa ada yang bergerak.

Kondisi Anda yang belum sembuh dengan pengobatan 2 bulan, maka perlu dievaluasi kembali pengobatan yang dilakukan dan kondisi kulit itu sendiri. Apakah ada kemungkinan lain selain bisul yang menyebabkan keluhan Anda. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri kembali pada dokter atau dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi dan penanganan lanjutan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai Bisul yang tidak sembuh. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar