Sukses

Keputihan Atau Sekret Skene

30 Aug 2017, 07:19 WIB
Wanita, 21 tahun.

Malam dok, izin bertanya. 2 hari ini saya keputihan. Setelah di lihat, pengeluaran cairan nya berasal dari kelenjar skene. Tidak gatal, dan tidak berbau, hanya saja seperti bau obat dan warnanya putih. Perkiraan saya datang bulan 2 hari lg. Apakah ada pengaruhnya karena akan datang bulan dok? Bukan kah kelenjar skene itu mengeluarkan lendir ya dok? Keputihan dari vagina. Apakah pengeluaran cairan saya ini disebut dengan keputihan? Terimakasih dok.

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fitur Tanya Dokter mengenai keputihan abnormal.

Keputihan abnormal terjadi akibat adanya infeksi. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Seperti yang Anda ketahui, bahwa memang keputihan berasal dari sekret vagina bukan dari kelenjar skene. Sehingga ada dua kemungkinan yang terjadi terkait kasus Anda. Kemungkinan yang pertama, betul cairan tersebut adalah keputihan akan tetapi adanya salah dalam pengamatan sehingga seakan-akan berasal dari skene. Kemudian, bisa jadi memang produksi dari skene. Skene tidak dipengaruhi hormon, tetapi dipengaruhi oleh rangsangan seksual. Bisa saja sekret yang dihasilkan skene menjadi lebih kental bila terjadi peradangan pada skene, yang disebut dengan skenitis.

 

Jika memang tidak ada gejala yang mengganggu, maka sebaiknya observasi saja keluhan Anda dalam beberapa hari. Bila ada pembengkakan, nyeri, kemerahan, dan nyeri berkemih, yang merupakan tanda dari skenitis atau tanda keputihan yang abnormal maka sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan menegnai keputihan abnormal. Semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar