Sukses

Menstruasi Terus Menerus

29 Aug 2017, 22:11 WIB
Wanita, 22 tahun.

Kalo misalnya haid nya itu tidak berhenti2, gimana dok? Bahaya tidak kira2, dan kira2 penyebabnya apa, dok?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Menstruasi Terus Menerus melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 Pertama izinkan kami menjelaskan tentang siklus haid yang normal. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bila siklus haid tidak teratur, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab dari siklus haid Anda yang tidak teratur. Pada kasus anda menstruasi berlangsung lebih lama dari normal. Dalam dunia kedokteran hal ini dikenal dengan nama hipermenorea.

Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
Malnutrisi (kurang gizi)
Stres psikologis
Atlet
Kekurangan vitamin K
Penggunaan obat-obatan tertentu
Kelainan pembekuan darah
Gangguan hormon tiroid
Dan lain sebagainya

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Untuk mengetahui penyebab pasti timbulnya hipermenorea pada diri anda, Kami sarankan agar anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan dan kebidanan. Dokter akan melakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan ultrasonografi (USG) atau pemeriksaan kadar hormon (sesuai indikasi) untuk mencari tahu penyebab terjadinya hipermenorea anda. Pengobatan akan diberikan sesuai dengan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah gangguan hormonal, maka dokter akan memberikan terapi hormonal untuk menyeimbangkan hormon reproduksi anda. Jika penyebabnya adalah mioma atau polip, mungkin dokter akan menganjurkan dilakukannya pengangkatan mioma atau polip tersebut. Keadaan hipermenorea yang berkelanjutan dapat menyebabkan anemia.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Menstruasi Terus Menerus, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar