Sukses

Bisakah Menambal Gigi Patah Setengah?

30 Aug 2017, 00:11 WIB
Wanita, 17 tahun.

Permisi dok, seminggu yang lalu saya mengalami kecelakaan. Akibatnya 2 gigi depan atas saya patah. Yang satu hanya berupa patahan kecil sedang yang satu patah hingga nyaris setengahnya. Sampai sekarang kalo makan kadang" suka ngilu sekali. Apakah gigi saya ini bisa ditambal ya dok?

Terimakasih telah bertanya seputar bisakah menambal gigi patah setengah melalui fitur Tanya Dokter.

Kerusakan pada gigi baik karena lubang/karies atau karena patah harus segera dilakukan perawatan guna menghindari terjadi kerusakan yang lebih parah. Gigi yang patah setengah masih dapat diselamatkan, namun rencana perawatannya bergantung pada kondisi gigi tersebut, yaitu dilihat dari seberapa banyak sisa jaringan mahkota gigi dan apakah ruang pulpa yang berisi saraf gigi sudah terbuka/belum. Selama ruang pulpa masih tertutup dan sisa jaringan gigi masih cukup banyak atau sesuai indikasi penambalan maka gigi yang patah dapat ditambal biasanya menggunakan tambalan sewarna gigi yang dikeraskan dengan sinar, yaitu resin komposit.

Namun jika ruang pulpa sudah terbuka, maka pulpa dapat terinfeksi oleh kuman, oleh sebab itu gigi tidak dapat lagi ditambal biasa, tapi harus dilakukan perawatan syaraf terlebih dahulu yang bertujuan mensterilkan akar dari infeksi kuman. Setelah perawatan tersebut selesai, lalu bentuk gigi diperbaiki menyerupai bentuk aslinya seperti semula dengan restorasi berupa gigi palsu atau dental crown.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bisakah menambal gigi patah setengah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar