Sukses

Telat Haid Setelah Melahirkan, Tidak Normal?

29 Aug 2017, 23:21 WIB
Wanita, 27 tahun.

dok saya ingin bertanya. saya berusia 27 th. dan saya sudah menikah . semenjak selesai persalinan sekisar 3 bulan yang lalu dan selesai darah nipas sampai sekarang saya belum haid. apa kah itu Tidak apa - apa atau ada kelainan dan penyakit. dan apa yang harus saya lakukan.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai telat haid setelah melahirkan.

Apakah Anda sudah sempat haid setelah melahirkan lalu atau belum pernah haid sama sekali?

ASI merupakan kontrasepsi alami, artinya pada saat memberikan ASI seorang wanita tidak mengalami haid karena adanya perubahan hormonal dari organ kewanitaan Anda. Pada saat seorang wanita memberikan ASI, kadar prolaktin akan meningkat, hormon ini yang menyebabkan seorang wanita tidak mengalami siklus menstruasi, dan situasi ini akan pulih kembali setelah proses menyusui selesai. Walaupun demikian, pada beberapa wanita, haid tetap terjadi di tengah proses ASI eksklusif. Saat siklus haid sudah mulai terjadi, di saat itu pula proteksi KB dari ASI ini selesai. Jika anda belum pernah haid sejak melahirkan, hal ini bisa disebabkan karena menyusui sebagai KB alamiah, dikenal dengan nama Metode Amenore Laktasi (MAL) yang bisa terjadi ketika Anda menyusui selama 6 bulan pertama usia anak Anda (ASI Eksklusif) tanpa susu formula/tambahan.

Jika anda sudah pernah haid namun saat ini terlambat, bisa saja anda hamil sekarang. Menunda pemeriksan test pack tidak akan merubah kehamilan. Selain kehamilan, telat haid bisa disebabkan beberapa kondisi seperti:

  • Perubahan berat badan (baik peningkatan/penurunan BB) yang drastis
  • Exercise berlebihan
  • Crash diet
  • Merokok, minum alkohol, minum kopi berlebihan
  • Menggunakan obat-obatan tertentu (hormon, kemoterapi, obat psikotik)
  • Stress psikologis
  • Penyakit kandungan (sindrom ovarium polikistik, myoma uteri, polip rahim, kista rahim, endometriosis)
  • Penyakit lainnya seperti gangguan tiroid

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai telat haid setelah melahirkan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar