Sukses

Vitamin Untuk Mencegah Gigi Keropos

29 Aug 2017, 22:31 WIB
Pria, 42 tahun.

Anak saya saat ini berusia 7 tahun, perempuan. Pertumbuhan giginya saat ini memprihatinkan, beberapa gigi kliatan keropos dan berlubang. Apakah ada vitamin atau suplemen yg khusus untuk perawatan gigi keropos/berlubang, maupun gusi merah2 ? Jika beli odol, sebaiknya odol yang jenis bagaimana dan mengandung apa yang cocok untuk kasus ini ? Terimakasih atas jawabannya.

Terimakasih telah bertanya seputar vitamin untuk mencegah gigi keropos melalui fitur Tanya Dokter.

Karies pada gigi anak adalah hal yang kompleks melibatkan banyak faktor. Namun yang dapat kami tekankan di sini adalah pola makan dan kebersihan gigi dan mulut, dan yang tak kalah pentingnya adalah role model atau contoh dari orang tua.

Pasti sulit untuk sepenuhnya melarang anak untuk jajan terutama bila anak sudah memasuki usia sekolah. Meski tidak dapat dipukul rata, umumnya jajanan di kantin atau sekitar sekolah anak sebagian besar adalah makanan yang tidak sehat, termasuk bagi gigi anak. Jadi boleh saja anak jajan namun anak diarahkan untuk memilih, setidaknya hindari makanan yang konsistensinya lengket dan mudah menempel pada gigi, atau makanan manis dan banyak mengandung zat pewarna buatan.

Gigi anak yang mengalami karies tetap harus dirawat, dan gigi tersebut harus dipertahankan selama mungkin di dalam mulut. Jadi meski akan digantikan oleh gigi permanen, bukan berarti gigi anak (gigi susu) tidak perlu dirawat dan boleh dibiarkan begitu saja karena gigi susu berperan penting sebagai panduan pertumbuhan gigi permanennya nanti. 

Jika gigi sudah terlanjur berlubang maka harus dilakukan penambalan agar kerusakan tidak bertambah parah yang menyebabkan perawatan semakin kompleks dan juga mahal. Setelah gigi berlubang ditambal, gigi diberikan perlindungan dengan varnish atau pasta calcium mengandung CPP-ACP untuk melindungi dan memberikan proteksi gigi agar gigi tidak mudah keropos. Konsultasikan dengan dokter gigi anda mengenai perawatan ini.

Untuk anak-anak pilihlah pasta gigi khusus untuk gigi anak, biasanya mengandung fluoride yang rendah bahkan tanpa fluoride. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai vitamin untuk mencegah gigi keropos, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar