Sukses

Geraham Atas Berlubang Sebabkan Perbatasan Gusi Bibir Bengkak

29 Aug 2017, 21:53 WIB
Wanita, 17 tahun.

Sore dok saya ingin tanya gigi geraham pertama saya yang bagian atas berlubang sekarang dibagian atas gusi seperti perbatasan gusi dengan bibir itu membengkak namun tidak terlihat tapi terasa nyeri jika dibuat senyum, kira2 knapa ya dok? Terima kasih

Terimakasih telah bertanya seputar geraham atas berlubang sebabkan perbatasan gusi bibir bengkak melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Berdasarkan paparan anda, gigi berlubang atau karies gigi yang tidak ditangani, akan menyebabkan aktifitas karies gigi terus berlanjut dan meluas bahkan hingga mencapai pulpa (ruangan saraf dan pembuluh darah pada gigi). Apabila gigi tersebut tidak mendapatkan perawatan yang seharusnya, maka akan terjadi kematian pulpa gigi. Kondisi seperti ini dapat menjadi sumber infeksi dan lubang tempat masuknya saraf dan pembuluh darah dari tulang ke gigi yang terdapat pada ujung akar gigi, dapat bertindak sebagai "point of entry" atau tempat menyebarnya bakteri dari gigi ke jaringan penyangga gigi (yaitu gusi, sementum, ligamentum periodontal, maupun tulang).

Infeksi yang berawal dari kerusakan gigi memiliki kecenderungan untuk menyebar dan mencari jalan dengan hambatan terkecil. Sehingga penyebaran infeksi melalui jaringan lunak setempat, yaitu gusi, merupakan rute penyebaran infeksi yang umum dijumpai. Gusi yang berada di daerah gigi atas mengalami kerusakan akibat karies sehingga terjadi pembengkakan. Dalam kasus anda, pembengkakan gusi atas tersebut meluas hingga ke bibir. Mungkin fenomena inilah yang terjadi pada Anda. Sebaiknya periksakan segera keadaan yang Anda alami ini untuk mencegah resiko kerusakan jaringan yang lebih parah dan mendapatkan terapi yang tepat.

Mengingat penyebab pembengkakan tersebut adalah bakteri, maka sebagai tahap awal perawatan, dibutuhkan terapi antibiotik disertai antiradang untuk menghentikan proses infeksi yang terjadi. Apabila pembengkakan tersebut telah menghilang, maka dokter dapat melanjutkan perawatan terhadap gigi yang bersangkutan. Gigi tersebut dapat dipertahankan melalui perawatan endodontik (perawatan saluran akar), atau dilakukan pencabutan. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya adalah sisa jaringan gigi yang sehat, maupun besarnya perluasan infeksi pada jaringan penyangga gigi yang dapat dilihat dari hasil pemeriksaan radiografi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai geraham atas berlubang sebabkan perbatasan gusi bibir bengkak, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar