Sukses

Solusi Gigi Patah Pada Anak

29 Aug 2017, 21:10 WIB
Wanita, 39 tahun.

Dok.. Anak saya umur 2 thn beberapa hari yang lalu sewaktu bermain terjatuh dan giginya terantuk mainannya. Akibatnya 2 gigi depan bagian atas patah sampai kelihatan warna pink ditengah2 giginya. Keesokan harinya saya bawa ke dokter gigi. Dan menurut dokter harus diangkat saraf giginya. Tapi saya tidak tega melihatnya. Pertanyaan saya : 1. Apakah memang solusinya harus dicabut saraf giginya? 2. Berapa lama kira2 waktu yang dibutuhkan untuk mencabut ke2 saraf giginya? Soalnya anak saya sangat aktif. Takutnya kalau kelamaan malah nantinya jadi berontak dan nangis. 3. Berapa kira2 biaya pencabutan saraf gigi anak saya? 4. Kalaupun saya biarkan ( tidak dicabut sarafnya), apakah nantinya bisa berakibat buruk pada gigi anak saya? Misalnya bernanah? 5. Kira2 berapa lama saraf giginya tidak sakit lagi? Apakah bisa berbulan2? Saat ini sdh masuk hari ke 5. Giginya masih berdarah jika tersentuh sendok ataupun makanan. Saya mohon dokter bisa memberikan solusi yang terbaik. Terimakasih sebelumnya dok..

Terimakasih telah bertanya seputar solusi gigi patah pada anak melalui fitur Tanya Dokter.

Gigi patah memang banyak dialami oleh anak-anak, dimana hal ini disebabkan oleh karena aktivitas dari anak itu sendiri. Gigi patah yang anak Anda alami ini agak berat karena telah menyebabkan ruang pulpa atau kamar sarafnya terbuka, terlihat warna pink ditengah-tengahnya. 

Terbukanya atau terkontaminasinya kamar saraf ini membutuhkan perawatan saluran akar guna mempertahankan gigi. Proses Perawatan ini memerlukan kunjungan yang berkali-kali sehingga dituntut kerjasama pasien yang baik agar perawatannya berhasil. Saraf gigi akan dimatikan lalu saluran akar dan kamar pulpa disterilkan dan kemudian diisi dengan bahan tertentu lalu dilakukan penambalan tetap atau restorasi lainnya yang sesuai kondisi gigi. Setelah dilakukan perawatan saraf gigi tidak akan sakit lagi. 

Jika perawatan saraf tidak dilakukan maka gigi akan terus berdarah dan mengalami sakit, lama kelamaan gigi bisa bengkak karena infeksi. Sementara menunggu ke dokter gigi bisa diberikan obat pereda nyeri khusus anak.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai solusi gigi patah pada anak, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar