Sukses

Suntik Tetanus Sebelum Menikah

29 Aug 2017, 16:48 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok,hari ini tdi sya ke puskesmas bwat suntik TT,pertama tes urine,hasil negatif,trus sya ke ruangan untuk suntik,diruangan itu sya ditanya mengenai pernah disuntik waktu kecil pas pasyandu,sya jwb kurang tau,trus ditanya lgi sd udah pernah disuntik brp kali sya jawab 3 x kurang lebih,trus ditanya lgi ada bekasnya gak ada dilengan kanan,trus sya langsung dikasih surat untuk diserahkan ke KUA,tp sya kok gak disuntik,jwb nya ia kmu tidak perlu disuntik,karena waktu SD sudah 3 x,gmna itu doc,sya takut ada Apa2

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Suntik Tetanus Sebelum Menikah melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya ijinkan kami menjelaskan tujuan vaksin tetanus (TT) sebelum menikah. Vaksin TT (Tetanus Toksoid) sebenarnya dianjurkan pada wanita terutama untuk mencegah terjadinya tetanus neonatorum (tetanus pada bayi) dan sebaiknya diberikan pada wanita yang tidak melengkapi 3 kali imunisasi dasar atau 10 tahun booster. Tidak ada batasan waktu dalam imunisasi ini, Anda bisa melakukan imunisasi pada waktu kapanpun, namun disarankan 1 kali sebelum menikah, dilanjutkan 2 kali pada saat kehamilan.

Sebenarnya imunisasi TT ini merupakan program pemerintah terutama di daerah dengan fasilitas kesehatan yang terbatas dimana sulit untuk menjaga kesterilan peralatan selama melahirkan dan dikhawatirkan akan berdampak terjadinya tetanus neonatorum pada bayi yang dilahirkan.

Imunisasi TT diberikan sebagai suntikan dalam otot, dapat pada daerah bokong maupun pada lengan atas. Syarat lokasi penyuntian salah satunya adalah tidak adanya infeksi pada tempat penyuntikan tersebut, pasien tidak sedang dalam keadaan sakit lain dengan gejala demam, dll.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Suntik Tetanus Sebelum Menikah. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar