Sukses

Cara Menghilangkan Bau Badan
29 Aug 2017, 12:49 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok saya mau tanya, sejak masuk SMA saya mengalami masalah bau badan. Awalnya tidak menimbulkan masalah karena biasanya hanya orang-orang tertentu yang terganggu, itupun harus ada pada jarak yang terlalu dekat dengan saya (badan tempel badan) dan pada waktu yang cukup lama sampai mereka benar-benar terganggu. Tapi beberapa tahun belakangan ini, khususnya 2 tahun belakangan ini masalah saya yang satu ini sangatlah mengganggu sampai saya stres dibuatnya karena orang tua saya juga ikut-ikutan. Kalau dulu reaksi orang hanya membuang napas sangat sering jika ada di dekat saya, lama-lama reaksi bertambah parah yaitu "terjangkit pilek dadakan" dan 2 tahun belakangan itu ditambah dengan batuk serta bersin-bersin dan radius bertambah menjadi dekat ke beberapa meter. Riwayat kesehatan saya, dulu waktu SMP pernah "didiagnosa" seorang pemilik pengobatan alternatif bahwa hati saya layu/tidak segar dan saya memiliki gizi yang buruk. Beliau menyarankan agar saya rutin mengkonsumsi buah pir. Tapi saya memiliki kondisi yaitu tidak bisa terlalu banyak/terlalu sering mengkonsumsi vitamin C karena malah sering menyebabkan sariawan. 2 tahun terakhir sariawan tidak sering kambuh tapi harus minum air lemon tiap pagi. Berat badan saya juga dengan ajaib pernah naik secara tiba-tiba waktu masih kuliah, dari yang biasanya 40 sekian menjadi 52 kg dalam waktu singkat (padahal seumur-umur berat badan tidak pernah sampai 50 kg). Namun itu tidak bertahan lama karena berat badan turun lagi secara drastis dan meninggalkan stretchmarks yang tidak bisa hilang sampai sekarang. Mohon bantuannya dok. Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang cara menghilangkan bau badan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Masalah bau badan memang dapat menjadi masalah sendiri.

Bagaimana dengan produksi keringat tubuh Anda? Karena bau badan juga dipengaruhi oleh produksi keringat maka biasanya sulit untuk dihilangkan seluruhnya, namun dapat dikontrol dan dikurangi.

Untuk mengatasi bau badan, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:
1. Mandi yang teratur setiap hari dengan menggunakan sabun antiseptik.
2. Jika makanan mempengaruhi bau badan Anda, hindari konsumsi makanan-makanan dengan aroma yang kuat dan beberapa bahan makanan seperti bawang, bawang putih, makanan berlemak, minyak, dan alkohol.
3. Jagalah agar ketiak dan kaki Anda tetap kering untuk menghambat pertumbuhan bakteri.
4. Mencukur ketiak dapat mengurangi keringat dan bau badan.
5. Gunakan pakaian berbahan alami seperti katun dan sutera yang tidak menghambat penguapan keringat tubuh.
6. Gunakan sepatu dan kaos kaki dari bahan alami agar tidak menghambat penguapan keringat tubuh. Pastikan Anda mengganti kaos kaki setiap hari.
7. Berikan waktu cukup banyak untuk bertelanjang kaki sehingga mengurangi kelembaban daerah kaki.
8. Gunakan anti-perspiran pada malam hari sebelum tidur untuk menekan produksi kelenjar keringat pada saat tubuh sedang tidak berkeringat. Penggunaan deodoran lebih baik digunakan pada siang hari karena berguna untuk menutup bau badan dengan bahan pengharum.
9. Terapi relaksasi seperti yoga atau meditasi untuk mengatasi keringat yang berlebihan karena stres.

Jika setelah melakukan tips-tips di atas Anda masih mengalami produksi keringat yang berlebihan, mungkin terdapat kondisi kesehatan yang lebih serius. Anda mungkin memerlukan penanganan yang lebih spesifik dari tips-tips di atas. Kemungkinan diperlukan pemberian obat-obatan, suntikan, iontoforesis atau tindakan bedah. Untuk menentukan pilihan yang tepat lebih lanjut, kunjungilah dokter Anda dan konsultasikanlah keluhan Anda lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara mengatasi bau badan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar