Sukses

Infeksi Bakteri di Kulit

29 Aug 2017, 06:45 WIB
Pria, 20 tahun.

Mlm dok , saya mau tanya dok ini di tangan saya di siku kiri saya dan paha kiri saya muncul bintik" merah dan sekarang menjadi putuh di ujung bintik" itu ini kenapa ya dok . ? Mohon penhelasannya mksh

Terima kasih telah   bertanya mengenai Bintik Merah pada Kulit menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Begitu banyak penyebab kelainan kulit yang menunjukkan gejala serupa seperti keluar bintik merah dan terasa gatal. Banyak hal perlu di evaluasi misalnya waktu bintik tersebut muncul, gejala penyerta seperti gatal, dan lain lain. Adanya cairan putih, kemungkinan adalah pus yaitu kumpulan sel darah putih yang tertumpuk sebagai efek dari upaya perlawanan terhadap infeksi yang ada. Hal demikian sering berkaitan dengan infeksi bakteri di kulit.

Infeksi bakteri di kulit bisa memiliki berbagai macam bentuk. Bentuk yang sering adalah folikulitis, furunkel, dan karbunkel. FOlikulitis merupakan adanya infeksi pada folikel rambut, sehingga menimbulkan bintik dengan keputihan, dan ada rambut di atasnya. Furunkel berupa benjolan yang lebih besar, disertai dengan pus, atau kita sebut dengan bisul. Furunkel bisa hanya satu namun juga bisa menjadi banyak, bila menyatu disebut sebagai karbunkel. Bila furunkel tidak menyatu, disebut sebagai furunkulosis.

Disamping itu, infeksi bakteri juga bisa berkaitan dengan infeksi ikutan karena kulit yang terluka akibat garukan. Tanpa disadari pada penyakit yang awalnya tidak ada infeksi ataupun infeksi lain selain bakteri, garukan akan merusak lapisan kulit, sehingga memudahkan bakteri masuk dan menyebabkan infeksi. Oleh karena itu sangat diperlukan pemeriksaan langsung untuk menentukan kondisi kulit Anda dan kemungkinan penyebabnya. Hindarilah menggaruk dan bersihkan bagian kulit tersebut dengan sabun antiseptik.

 

Demikian infomasi yang dapat kami sampaikan mengenai bintik merah pada kulit. Semoga dapat bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar