Sukses

Fibroadenoma berulang

29 Aug 2017, 06:44 WIB
Wanita, 18 tahun.

Halo dok saya febri eliza bulan kemaren saya habis menjalani operasi fam di payudara kiri saya 3 juli 2017 setelah saya operasi ternyata benjolan dipayudara kiri saya tumbuh lagi dan terasa sakit sampai kepunggung dok yang mau saya tanyakan bahayakah jika benjolan itu tetap ada dalam tubuh saya atau operasi yang kedua dan bagaimana cara mengatasinya tanpa operasi dok mohon jawabannya dok

Terima kasih telah bertanya mengenai fibroadenoma berulang melalui fitur Tanya Dokter
FAM (Fibroadenomamammae) merupakan kasus terbanyak pada tumor payudara. Kejadiannya dapat berbentuk tunggal atau banyak pada satu payudara atau kedua payudara. Karakter FAM antara lain teraba, padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya (mobile), bentuk bulat, lonjong, berbatas tegas, tidak nyeri, kuit payudara di atasnya tidak berubah, pertumbuhan lambat dan tidak menyebar seperti kanker payudara.

FAM merupakan suatu tumor jinak pada payudara dimana penyebabnya belum secara pasti diketahui. Namun benjolan FAM dapat membesar dengan dipengaruhi oleh hormon. Sehingga selama dalam masa reproduktif (belum menopause) FAM dapat tumbuh kembali. FAM biasanya muncul di usia remaja. Oleh karena itu, terkadang FAM akan menjadi besar saat sedang siklus menstruasi, kehamilan atau sedang menyusui. Pemeriksaan secara pasti dapat dilakukan dengan pemeriksaan mamografi atau biopsi.

Di bawah usia 25 tahun, FAM lebih sering terjadi dibandingkan kista payudara. Selain FAM, penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary displasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita. Sudahkah tumor Anda yang diangkat sebelumnya, dikirimkan untuk pemeriksaan patologi anatomi? Pemeriksaan patologi anatomi berfungsi untuk memastikan FAM dari penyebab tumor lainnya. Tipe tumor, yang didapatkan dari pemeriksaan tersebut, bisa menentukan risiko mengalami keganasan. Akan tetapi, angka kejadian FAM sendiri menjadi tumor ganas sangatlah jarang

Fibroadenoma mammae (FAM) memang berisiko berulang atau rekuren. Terkadang bisa jadi ada beberapa FAM (multiple) namun ditemukan di waktu yang berbeda. Pada dasarnya tata laksana FAM adalah operasi, atau eksisi. Tidak ada pengobatan yang tidak bersifat operatif. Akan tetapi beberapa hal perlu dipertimbangkan terkait operasi berikutnya. Beberapa kasus FAM dibiarkan selagi tidak menunjukkan adanya tanda tanda pertambahan ukuran tumor. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri kembali dan berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk merencanakan pengobatan yang paling cocok buat Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan mengenai fibroadenoma berulang. Semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar