Sukses

Tulang Berbunyi Dan Terasa Sakit

28 Aug 2017, 23:37 WIB
Pria, 18 tahun.

dok, tulang kaki saya yg sebelah kiri sakit. kadang di bagian betis dan pinggul. ketika sy memutar pergelangan kaki terdengar suara kreek pada tulang

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab tulang berbunyi dan disertai rasa sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah ada pembengkakan dan kemerahan pada sendi Anda setelah Anda melakukan peregangan tersebut? Apakah ada keterbatasan gerak?

Untuk melakukan pergerakan melibatkan setidaknya tiga yaitu tulang, sendi, dan otot. Yang biasanya menimbulkan bunyi adalah sendi. Sendi berfungsi seperti "engsel" pada pintu untuk memungkinkan dua tulang membuat sebuah pergerakan. Sendi yang sehat terdiri atas tulang yang dikelilingi oleh tulang rawan yang halus, yang dilindungi oleh sebuah kapsul yang dilapisi dengan membran sinovial yang menghasilkan cairan. Cairan ini berisi oksigen, nitrogen, dan gas karbon dioksida. Ketika sendi diregangkan, bunyi gemeretak tersebut merupakan hasil dari kapsul sendi yang diregangkan dengan cepat, yang menyebabkan pembentukan dan pelepasan gelembung gas.

Pada sendi yang tidak sehat, tulang rawan mengalami kerusakan, sehingga suara gemeretak dapat terdengar ketika terjadi gesekan, yaitu saat kita menggerakkan tubuh secara normal.

Untuk menentukan penyebabnya, dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk menyakinnya. Untuk itu,kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter bila keluhan ini terus berlangsung, bertambah, atau disertai pembengkakan sendi atau nyeri pada sendi yang semakin hebat dan kemerahan. Jika diagnosa sudah ditegakkan maka terapi yang diberikan akan lebih optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait tulang berbunyi dan terasa sakit. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar