Sukses

Berat Badan Sulit Bertambah

28 Aug 2017, 23:58 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok,,,kenapa sy tdk pernah gemuk..??sy makan terus tapi badan tetap ajh kurus.. Maksi

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar berat sulit bertambah melalui fitur Tanya Dokter.

Kenaikan / penurunan Berat badan seseorang ditentukan oleh beberapa faktor yaitu, keseimbangan antara asupan kalori dan energi yang dibuang, genetik, massa otot, dan apakah ada suatu penyakit yang mendasari. Apabila asupan yang masuk lebih sedikit dibanding dengan energi yang digunakan, maka berat badan tidak bisa bertambah dan malah cenderung turun. Selain itu, genetik juga berpengaruh, apabila orangtua memiliki genetik badan yang cenderung kurus, maka tidak menutup kemungkinan keturunannya akan kurus juga. Namun harus diingat, bahwa bukan berarti tidak bisa bertambah berat badannya dan akan tetap kurus. Iingat faktor-faktor yang telah disebutkan diatas.

Berat badan yang sulit bertambah juga bisa disebabkan oleh suatu penyakit. Misalnya pada penderita rematik, hipertiroid, dan infeksi TB, akan cenderung kurus karena metabolisme yang tinggi dan kebutuhan energi yang besar untuk 'melawan' infeksi/penyakit yang ada. 

Bagaimana dengan pola makan anda? Cobalah untuk menambah porsi karbohidrat anda dalam setiap makanan anda baik pagi siang maupun malam. Lalu apabila mengonsumsi susu, gantilah dengan yang full cream karena mengandung kalori lebih besar. Dengan meningkatknya jumlah karbohidrat yang anda makan setiap harinya, seharusnya berat badan anda bisa bertambah. Apabila tetap tidak bisa bertambah, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter gizi untuk pola makan yang terbaik bagi anda.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar berat sulit bertambah, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar