Sukses

Jerawat Di Kemaluan

28 Aug 2017, 20:08 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat malam dok,sya ingin bertanya.haid saya tidak lancar terkadang 1-2 bulan sekali baru haid,kemarin sudah cek up dan katanya memang hormon nya dan ada kista.terakhir cek up alhamdulillah kista saya sudah tidak ada lagi.sya blm menikah,dan beberapa hari terakhir seperti timbul jerawat di sekitar area kemaluan tetapi tidak sakit dan tidak bernanah.apakah itu bahaya dok?apa penyebabnya dan bagaimana cata untuk mengatasinya?terima kasih...

Terima kasih telah bertanya tentang jerawat di kemaluan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya kami mebutuhkan beberapa informasi. Sejak kapan keluhan dirasakan oleh teman Anda? Jerawat seperti apa yang Anda maksud, apakah seperti jerawat di wajah atau benjolan? Berapa jumlah, ukuran, warna, letak, nyeri/tidak? Dimanakah letak pasti jerawat yang Anda maksud, apakah muncul di pangkal rambut-rambut kemaluan atau di bagian dalam vagina? Apakah ada keputihan, demam, dan pernah melakukan hubungan seksual?

Jika jerawat muncul di pangkal rambut kemaluan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut sebagai folikulitis. Hal ini biasanya disebabkan karena kurangnya kebersihan pada area vagina. Terapinya adalah dengan mencukur rambut vagina secara berkala, menjaga daerah vagina tetap kering dan bersih, gunakan pakaian dalam yang berbahan katun (menyerap keringat). Hindari menggaruk saat gatal karena dapat memperparah rasa gatal dan menimbulkan luka/iritasi. Dokter juga bisa membantu dengan meresepkan antibiotik yang sesuai.

Beberapa penyakit lainnya yang menimbulkan kelainan menyerupai jerawat di kemaluan:

1. Herpes Simpleks

Infeksi Herpes Simpleks Virus tipe 2 adalah infeksi virus yang umumnya dapat terlihat pada kemaluan seseorang, dan ditularkan melalui hubungan intim atau seksual. Namun bisa juga ditemukan pada bagian kulit lain. Gejala yang dapat muncul adalah adanya lenting berair kemerahan pada kulit, terutama tempat virus tersebut masuk. 

2. Moluskum Kontagiosum

Moluskum kontagiosum merupakan penyakit yang disbabkan oleh poxvirus. Penyakit ini menyebabkan gejala terbentuknya papul, atau benjolan padat yang cukup banyak. Papul merupakan benjolan yang berbatas tegas dan sewarna dengan kulit. Salah satu ciri khas dari penyakit moluskum kontagiosum adalah adanya lekukan pada benjolan moluskum. Benjolan ini dapat mengeluarkan bahan seperti nasi jika ditekan.

3. Kondiloma akuminata
Kutil pada kelamin, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV).

Virus ini dapat menyebabkan sebuah lesi saja, atau lesi yang besar menyerupai jengger ayam. Kutil dapat tertular melalui kontak langsung dengan kulit orang yang terinfeksi. Pada wanita, HPV meningkatkan risiko terjadinya kanker serviks atau kanker mulut rahim.

 

 

Sulit bagi kami mendiagnosis penyakit dengan informasi yang sangat terbatas dan tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Sebaiknya Anda memeriksaan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut. 

Terkait dengan haid tidak teratur, memang sering disebabkan masalah hormonal dan juga mungkin berhubungan dengan kista. Sejumlah kondisi lain juga turut bisa menjadi penyebab. Mengatasi kondisi yang jelas didapatkan merupakan hal yang paling mungkin di lakukan. Apakah kista Anda menghilang dengan pemberian terapi? Terapi apa yang digunakan? Beberapa pilihan terapi bisa sekaligus membantu membantu menciptakan keteraturan siklus haid.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait jerawat di kemaluan. Semoga bermanfaat.

 

Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar