Sukses

Kopi dan Osteoporosis

28 Aug 2017, 20:08 WIB
Pria, 39 tahun.

Dok mau tanya, dari tulisan di klik dokter tentang kopi dapat menyebabkan osteoporosis, apakah minum kopi di campur susu segar juga memiliki efek yang sama? Terima kasih

Terima kasih sudah bertanya mengenai kopi dan osteoporosis melalui fitur Tanya Dokter.

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari. Kopi merupakan salah satu sumber kafein dalam kehidupan sehari-hari. Kafein adalah zat alami yang ditemukan pada tanaman. Beberapa tanaman yang memiliki kandungan kafein di dalamnya, misalnya biji kopi, daun teh dan biji cokelat. Selain sebagai zat alami, kafein juga diproduksi secara buatan dan ditambahkan ke makanan tertentu. Kafein dapat merangsang sistem saraf pusat sehingga menyebabkan peningkatan kewaspadaan. Jika dikonsumsi, kafein dapat memberikan dorongan energi yang bersifat sementara dan mengangkat suasana hati.

Seperti yang diketahui, kopi merupakan sumber kafein utama. Pada setiap 1 cangkir kopi terkandung sekitar 103 mg kafein. Namun menurut kabar yang beredar, kopi merupakan salah satu penyebab terjadinya osteoporosis. Hal berkaitan dengan sejumlah studi yang melakukan observasi pada pasien dengan patah tulang dan konsumsi kopi, ditemukan bahwa ada peningkatan risiko patah tulang pada pasien dengan konsumsi kopi dibandingkan pasien tidak mengkonsumsi kopi. Hal ini dikaitkan dengan kafein yang mengakibatkan gangguan penyerapan kalsium dan pembuangan kalsium di urin, sehingga mengganggu kesetimbangan kalsium dalam tubuh. Hal ini masih menjadi perdebatan karena adanya perbedaan dari setiap penelitian, dan kelemahan dari tiap masing-masing penelitian tersebut. 

Pada penelitian ditemukan bahwa kopi aman dikonsumsi pada wanita yang belum menopause. Sayangnya penelitian yang dilakukan di Korea ini tidak bisa menyimpulkan untuk kasus pria, dan wanita yang sudah menopause. Beberapa penelitian mengatakan konsumsi kopi berisiko lebih besar mengakibatkan patah pada wanita usia menopause dibandingkan wanita usia muda. Tetapi hal ini juga bisa jadi berkaitan dengan kondisi hormonal wanita menopause yang mempengaruhi kalsium tubuh. Salah satu poin yang peneliti sepakat adalah, makin banyak konsumsi kopi maka makin tinggi kemungkinan osteoporosis atau patah tulang.

 

Osteoporosis merupakan hasil dari proses keseimbangan kalsium dalam tubuh, yang sangat kompleks bukan hanya semata karena kopi dan susu. Kopi sendiri juga mengandung fenol yang merupakan Antioksidan yang kuat. Pelajaran yang bisa diambil adalah, membatasi konsumsi kopi dan memiliki pola hidup lebih baik seperti olahraga, makanan bergizi akan membantu menghadapi masalah di masa tua. Boleh saja Anda meminum susu sebagai suplementasi kalsium

Deimikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai kopi dan osteoporosis. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar