Sukses

Cabut Gigi Atas Bisa Merusak Mata

28 Aug 2017, 20:28 WIB
Pria, 20 tahun.

Slmat sore dok, Ini saya punya masalah gigi atas saya yg dekat graham tinggal separuh, niat saya mw cabut tpi kata orang tua saya gigi atas gak blh di cabut takut rusak mata.. Pertanyaan saya: Apa betul klw kita cabut gigi atas mata kita bisa rusak..??

Terimakasih telah bertanya seputar cabut gigi atas bisa merusak mata melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Mencabut gigi atas dengan mencabut gigi lain memiliki efek samping yang sama. Yang utama dalam tindakan pencabutan adalah dokter gigi melakukan pencabutan sesuai dengan prosedur standar dari mulai anestesi (pembiusan) hingga pencabutan gigi, sangat kecil kemungkinannya terjadi efek samping yang membahayakan. Efek samping pada saat proses pencabutan seperti perdarahanan, syok, pusing, pingsan, atau pegal dan mual bisa terjadi pada kondisi-kondisi tertentu. Misal pada penderita darah tinggi yang tidak terkontrol dan pada saat pencabutan tekanan darah sedang naik/tidak normal. Bisa juga pada penderita kelainan darah seperti hemofilia. Atau pada penderita yang cemas berlebihan dan pada saat kondisi belum makan hingga menjadi lemas.

Gigi yang sudah berlubang besar atau tinggal separuh saja sebetulnya tidak masalah, asalkan gigi tersebut normal. Maksudnya bentuk akar gigi normal, dan tidak dalam keadaan sakit, meradang, infeksi atau gusinya bengkak.

Persyarafan yang mempersyarafi gigi geligi atas berbeda dengan yang mempersyarafi mata. Asalkan dokter gigi melakukan pencabutan sesuai dengan prosedur standar dari mulai anestesi (pembiusan) hingga pencabutan gigi, sangat kecil kemungkinannya terjadi efek samping yang membahayakan syaraf mata. Kemungkinan komplikasi yang cukup berat dan cukup umum terjadi adalah bila ujung akar gigi atas sangat dekat dengan dinding sinus, atau bahkan terletak dalam rongga sinus, biasanya gigi geraham (molar 1 atas) sehingga beresiko terbukanya rongga sinus setelah pencabutan. Namun hal ini terjadi dengan presentasi yang kecil, dan dapat diantisipasi dengan pemeriksaan rontgen sebelum pencabutan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cabut gigi atas bisa merusak mata, semoga bermanfaat.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar