Sukses

Tumbuh Gigi Bungsu Sebabkan Sakit Kepala

28 Aug 2017, 19:46 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok saya mau tanya, sudah beberapa hari ini saya pusing setiap menjelang siang sampai sore, apa ini pusing akibat tumbuh gigi bungsu ya? soalnya kemarin gigi yg bawah gusinya bengkak, dan sebelumnya gigi yg atas sudah tumbuh sempurna tanpa masalah. sakit kepala ini baru 3-4 hari kemarin. kalau dalam waktu lama kebelakang malah suka pusing di kepala bagian belakang dan saya pikir itu kolesterol tp kambuhnya jarang2. nah yg skrg pusingnya bukan di area belakang dan setiap hari berasa pusingnya. takutnya ada penyakit lain yg lebih serius. tolong penjelasannya ya Dok, terima kasih,,

Terimakasih telah bertanya seputar tumbuh gigi bungsu sebabkan sakit kepala melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Gigi geraham bungsu yang sedang tumbuh memang sering menyebabkan rasa sakit kepala, pusing sampai vertigo, tetapi banyak juga orang yang tidak merasakan keluhan apa pun.

Beberapa keluhan dan kelainan yang bisa muncul karena tumbuhnya gigi geraham bungsu adalah:

-Gigi tidak dapat tumbuh sempurna sehingga mengalami gangguan pertumbuhan, contohnya hanya muncul sebagian atau bisa juga tidak muncul sama sekali.
-Infeksi pada gusi sekitar gigi dengan gejala kemerahan, bengkak, dan sakit / nyeri.
-Kerusakan pada gigi lain, misalnya gigi di sebelahnya yang berlubang serta infeksi pada jaringan pendukung.
-Kista, yang bisa menyebabkan kerusakan tulang rahang, gigi, serta saraf.
-Pada infeksi yang cukup parah bisa menyebabkan kesulitan dalam membuka mulut.
-Waktu penyembuhan dari keluhan yang muncul bisa bervariasi tergantung hasil diagnose dari kelainan tersebut. Kalau hanya rasa nyeri / sakit biasanya bisa hilang dalam 3 hari. Namun jika penyebab rasa sakit tersebut tidak dihilangkan, maka rasa nyeri / sakit dapat timbul kembali secara spontan.

Kami sarankan agar anda segera memeriksakan keluhan anda ke dokter gigi, agar bisa mendapatkan hasil diagnose yang tepat. Apalagi anda sudah mengalami nyeri / sakit kepala sampai 3-4 hari. Untuk kasus gigi geraham bungsu biasanya dibutuhkan rontgen panoramic untuk mengetahui posisi gigi tersebut. Lalu setelah itu baru dokter gigi dapat menentukan rencana perawatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai tumbuh gigi bungsu sebabkan sakit kepala, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar