Sukses

Penyebab Gigi Rontok Sekaligus Saat Hamil

28 Aug 2017, 19:20 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat pagi dok..saya mau nanya ..ada temen saya yang lagi hamil 4 bulan tiba2 gigi atas nya rontok tinggal gigi geraham 2 di kiri dan di kanan ..dan gigi bawah tinggal 3 , 1 di geraham kiri dan 2 di geraham kanan..itu penyebab nya karena apa ya dok? Kenapa bisa terlepas sekaligus banyak seperti itu..

Terimakasih telah bertanya seputar penyebab gigi rontok sekaligus saat hamil melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, apakah ibu hamil sering mengalami muntah pada masa kehamilannya? Jika iya, maka dugaan kami rontoknya gigi disebabkan karena sering mengalami muntah pada masa kehamilan kemudian langsung menyikat gigi. Perlu diketahui bahwa asam dari lambung yang keluar bersama makanan saat muntah memiliki keasaman ph 1-2. Sifatnya yang sangat asam dapat merusak lapisan email gigi. Ibu hamil disarankan untuk tidak langsung menyikat gigi setelah muntah, tunggu 1 jam setelahnya. Karena menyikat gigi langsung setelah muntah dapat mengikis email gigi yang sedang melunak karena terpapar asam. Gunakan sikat gigi yang berujung bulu lembut, untuk mencegah gigi mengalami pengikisan / atrisi. Sikat permukaan lidah sampai bersih, setelah anda muntah. Karena membantu untuk membuat keadaan rongga mulut tidak terlalu asam. Bila asam masih tersisa menempel di papila lidah, maka gigi geraham bagian dalam akan terpapar dengan asam dalam waktu berjam-jam.

Kami sarankan untuk konsultasi mengenai keluhan anda, prinsipnya adalah mengusahakan agar rongga mulut tidak asam dan memperbaiki gigi-gigi yang sudah rusak dengan penambalan atau perawatan lainnya.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai penyebab gigi rontok sekaligus saat hamil, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar