Sukses

Keluar Lendir Saat Masa Subur

28 Aug 2017, 14:18 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok, saat masa subur kenapa keluar lendir berwarna bening disertai noda coklat muda banyak di dlm lendir beningnya ya? Apakah itu sisa darah menstruasi ? tapi hari terakhir mens tnggl 11 dok. Saya tidak merasakan adanya gatal atau rasa terbakar. Sebelumnya saya jg tidak melakukan hbgn intim dok.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Bagaimana dengan Anda? Lendir yang keluar dari vagina Anda sekitar 10 - 14 hari sebelum haid bisa saja merupakan lendir serviks saja. Peningkatan jumlah lendir serviks pada rentang waktu itu merupakan tanda masa subur. Cairan/lendir tersebut berwarna bening, tidak berbau, dan elastis. Namun tidak selalu jika Anda mendapatkan adanya lendir serviks berarti Anda sedang dalam masa subur.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan , Semoga membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar