Sukses

Bekas Luka Bernanah Tidak Menutup Sempurna

27 Aug 2017, 16:33 WIB
Pria, 23 tahun.

saya ada luka kaki yang kayaknya di gigit nyamuk dan saya garuk hasil nya luka dan bengkak setelah bengkak ada nanah lalu saya ke apotik dikasih saleb digenta , setelah itu luka sudah kering akan tetapi sudah lewat 2 mingguan , pada luka tersebut masih tetap seperti lubang kecil dok mau tanya itu kenapa ya

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih bertanya tentang Bekas Luka Bernanah Tidak Menutup Sempurna menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.
Luka bernanah memang perlu mendapat perawatan yang teapat karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi. Apabila Anda sudah mendapat terapi dan luka mengering, menunjukan perbaikan. Namun, perlu dilakukan permeriksaan fisik secara langsung, bagaimana dengan bengkaknya ? Lalu skulit sekitar nya apakah amsih memerah dan tegang ? Apakah terkadang masih mengerluarkan nanah ?

Waktu penyembuhan luka bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka. 

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). 

Apabila masih ada yang terbuka, kami khawatir masih ada nanah yang tertinggal sehingga menghambat proses penyembuhan. Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung tentang kondisi luka Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Bekas Luka Bernanah Tidak Menutup Sempurna, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar