Sukses

Gatal di Penyakit Ginjal

28 Aug 2017, 10:28 WIB
Pria, 30 tahun.

dok saya mau tanya......apa bener klo setiap cuci darah ada efek gatal,soalnya bapa saya sudah rutin cuci darah dan sekarang imbasnya jadi gatal-gatal seluruh badan....tolong kasih saran atau cara mengatasinya.terimaksaih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai gatal di penyakit ginjal melalui fitur Tanya Dokter. 

Gatal seluruh tubuh atau pruritus dapat disebabkan karena gagal ginjal. Karena pada gagal ginjal, ureum yang seharusnya dapat dikeluarkan oleh tubuh tidak dapat dibuang dan akhirnya menyebar di darah dan menimbulkan manifestasi gatal pada kulit.

Kadar ureum yang tinggi pada GGK menyebabkan sindroma uremia yang akan menimbulkan kelainan berupa gangguan biokimia sistemik yang dapat menyebabkan pruritus, namun penyebab mekanisme pruritus uremik itu masih belum sepenuhnya dimengerti. Banyak faktor yang diduga merupakan penyebab pruritusuremik, meskipun masih ada kontroversi.Kemungkinan penyebab multifaktorialturut berperan pada pruritus uremik ini.

Penyebab pruritus uremik pada GGK antaralain:

Kulit kering/serosis
Atrofi kelenjar sebasea dan kelenjar keringat
Peningkatan kadar histamin plasma
Peningkatan kalsium, magnesium dan fosfat pada kulit
Dan yang terakhir karena sistem imun yang menurun

Penyebab pruritus uremik masih belum sepenuhnya diketahui, karena itu belum ada terapi efektif yang memuaskan. Tapi ada beberapa solusi yang bisa Anda coba. Misalnya:

Pada penderita yang menjalani dialisis,keteraturan dialisis dapat menghilangkanrasa gatal.
Kulit yang kering dapat diatasi dengan penggunaan hand and body lition dan menghindari penggunaan bahan kimia yang berlebihan pada kulit.
Obat2an Antihistamin dengan petunjuk dokter juga bisa membantu Anda mengurangi rasa gatal.

 

Jika keluhan ini sangat mengganggu, kami sarankan Ayah Anda untuk konsultasi dengan dokter spesialis penyakit Dalam agar dapat diberikan penanganan yang optimal. 

Demikian informasi ini kami sampaikan mengenai gatal di penyakit ginjal, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar