Sukses

Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

28 Aug 2017, 09:00 WIB
Wanita, 22 tahun.

Assalamu alaikum dok.. Saya mau tanya saya kan pakr kb suntik 3 bulan anak saya masih usia 18 bulan tapi saya punya keluhan saat pke kb suntik 3 bulan flek yg berkepanjangan yg kadang bkin kondsi badan saya sering sakit.pernah konsultasi tapi bidan bilang gpp tapi saya sering gogling kalo flek dngan darah segar dan terus berlanjut itu bahaya,jadi saya harus gmna dok.. Suami mnta saya buka kb krna suami gk tega liat kondsi saya yg suka ngeflek.. Mkasih dok wassalamu alaikum

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya tentang Efek Samping KB Suntik 3 Bulan melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Kontrasepsi suntikan KB 3 bulan mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormonal ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistim hormon di dalam tubuh.

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon.

Ada baiknya juga Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan mengenai keluhan anda. Mengingat pilihan KB adalah personal, sebenarnya terserah pada anda untuk melanjutkan metode KB ini atau memilih metode KB lainnya. 

Silahkan baca juga:

Cara Memilih Metode Kontrasepsi Sesuai Kebutuhan

Fokus Urus Anak, Tidak Ada Salahnya Pakai Kontrasepsi

Memilih Kontrasepsi yang Tepat untuk Ibu Menyusui

Bagaimana Cara Memilih Alat KB?

Pendahuluan KB

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang Efek Samping KB Suntik 3 Bulan. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar