Sukses

Neuroma Akustik

28 Aug 2017, 01:33 WIB
Pria, 27 tahun.

Halo doc. Saya mau bertanya, saat ini sy di vonis dokter terkena tumor otak (neuroma akustik/shwnomma), dengan ukuran +/-2,9 x 3,8 x 4,3 cm. Saya disarankan untuk operasi. Tetapi saya menolak, dengan alasan saya takut karena pasca operasi bisa saja akan terjadi komplikasi. Sementara ini, akibat tumor tersebut, telinga kiri saya sudah tidak mendengar sama sekali, lalu mata kanan saya sudah mengalami kabut tebal sehingga sulit melihat normal. Kemudian menjalar ke mata kiri berangsur angsur semakin kabur. Saat ini saya rutin konsumsi Obat Herbal Ekstrak daun sirsak alami. Pertanyaanku dok, Apakah penyakit yang ku derita ini Bisa Sembuh Total tanpa operasi? Terima Kasih

Terima kasih telah bertanya seputar neuroma akustik melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya ijinkan kami menjelaskan sedikit tentang neuroma akustik. Penyakit ini adalah tumor otak yang muncul dari pembungkus sel Schwann yang biasanya di saraf vestibular (keseimbangan) atau koklear (pendengaran). Terapi dilakukan berdasarkan faktor yang multipel, seperti umur, penyakit lain yang diderita pasien, ukuran dan lokasi tumor, status pendengaran, dan keinginan pasien.

Terdapat 3 terapi yang dapat dilakukan oleh penderita neuroma akutik, yaitu eksisi atau pembuangan tumor secara operasi, menghentikan pertumbuhan tumor dengan terapi radiasi, atau observasi serial yang ketat.

Observasi serial yang ketat hanya dilakukan pada pasien seperti dibawah ini:

  • Sudah tua
  • Tumor kecil, terutama bila pendengaran masih bagus
  • Memiliki penyakit lain yang dapat meningkatkan resiko operasi
  • Menolak terapi
  • Tumor hanya mempengaruhi satu sisi pendengaran atau satu sisi penglihatan

Pada beberapa pasien, dapat dilakukan terapi alternati dari operasi yaitu dengan terapi radiasi. Terapi stereotaktik radioterapi dapat dilakukan di beberapa pasien dengan menggunakan mesin yang dapat menyalurkan beberapa sumber radiasi. Radiasi tersebut akan ditujukan ke titik (atau titik-titik) spesifik secara maksimal ke target jaringan dan meminimalisir terpaparnya jaringan sehat dengan radiasi tersebut. 

Radiasi tersebut akan menghilangkan pertumbuhan tumor dengan merusak pembulu darah yang menyuplai nutrisi ke tumor. Selain itu radiasi tersebut bekerja secara DNA. Terapi ini memiliki kelebihan yaitu cepatnya pemulihan pasien karena tidak ada tindakan invasif membuka tubuh pasien, sehingga cepat pulang dari rumah sakit dan cepat kembali bekerja. Tetapi pilihan terapi ini mewajibkan pasien untuk rutin kontrol secara ketat untuk melihat ukuran tumor secara serial, dan juga tidak menghilangkan tumor nya.

Ketiga adalah menghilangkan tumor dengan cara operasi. Operasi adalah terapi pilihan pertama terhadap neuroma akustik. Cara-cara operasi pun bermacam-macam, dan dokter akan mengevaluasi penyakit Anda untuk menentukan tipe operasi seperti apa yang cocok. Operasi tentu menjadi pilihan pertama karena menurut studi-studi yang sudah dilakukan, belum ada terapi lain yang dapat menyelamatkan pendengaran, fungsi penglihatan atau fungsi saraf muka, sebaik operasi.

Mengenai obat herbal yang Anda konsumsi, tidak ada bukti bahwa terapi tersebut dapat menyembuhkan penyakit ini.

Sebaiknya rutin konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis bedah saraf, terutama karena Anda memilih untuk tidak menjalani operasi, sehingga tumor masih ada dan masih bisa tumbuh.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai neuroma akustik. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar