Sukses

Mengatasi Kulit Kusam

27 Aug 2017, 16:33 WIB
Pria, 15 tahun.

dok saya itu punya kulit cerah banget,tapi semenjak ikut pleton inti di sekolah jadinya kulit ku jadi coklat dok,gimana caranya biar bisa putih lagi ky dulu dok??mohon jawabannya

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Mengatasi Kulit Kusam melalui fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Setiap orang terlahir dengan jenis kulit dan warna kulit yang berbeda. Genetik tentunya memiliki peran yang cukup besar dalam hal ini. Beberapa orang terlahir dengan warna kulit putih, kuning langsat, sawo matang hingga hitam. Semuanya ditentukan oleh sebuah sel yang disebut sebagai melanin. Perlu diketahui bahwa dalam dunia medis tidak disarankan untuk melakukan pemutihan badan dengan cara menghambat aktivitas melanin, karena sebenarnya melanin mempunyai kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Hal yang diperkenankan hanyalan menghindari kulit kusam, sehingga kulit terlihat sehat dan cerah.

Kulit yang sehat adalah kulit yang halus, tidak memiliki benjolan seperti jerawat ataupun keriput, dengan warna yang rata tanpa ada bintik gelap, tidak kering karena terhidrasi dengan cukup, serta memiliki sensasi dan sensitivitas normal.

Kulit wajah yang kusam dan kasar dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Misalnya cara pembersihan wajah yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan jenis kulit, perawatan kulit yang tidak tepat paparan radikal bebas seperti sinar matahari, polusi dan rokok dapat mempercepat proses tersebut terjadi.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan cerah adalah : 

Bersihkan wajah secara teratur

Bila jenis kulit Anda kering, jangan terlalu sering membersihkan wajah dan berhati-hatilah dalam memilih sabun wajah. Bila jenis kulit Anda berminyak, bersihkan wajah dua kali sehari, terutama setelah berkeringat atau beraktivitas.

Gunakan pelembab wajah yang cocok untuk tipe wajah Anda

Seperti bagian organ lainnya, kulit pun membutuhkan nutrisi baik dari makanan yang Anda konsumsi, maupun dari produk yang dioleskan pada kulit secara langsung. Berikan kulit Anda nutrisi yang optimal dengan memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Gunakan tabir surya

Sudah sering disebutkan sebelumnya bahwa tabir surya dapat mencegah terbakarnya kulit akibat sinar matahari (sunburn) dan pencegahan terhadap kanker kulit, namun ternyata terbukti bahwa tabir surya dapat berpengaruh terhadap photoaging (penuaan pada kulit). Jangan lupa oleskan tabir surya setidaknya SPF 30 sebelum Anda beraktivitas, dan ulangi pemakaian setiap 2 jam sekali untuk mendapatkan perlindungan maksimal pada kulit Anda.

Bila ada jerawat, sembuhkan dahulu jerawat Anda.

Untuk pengobatan topikal, dapat menggunakan retinoic acid dioleskan pada malam hari setiap hari. Selain untuk mengobati komedo dan jerawat, obat ini dapat pula mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Awal penggunaan jerawat dapat muncul semakin banyak, kulit menjadi merah serta mengelupas, namun penggunaan obat harus tetap dilanjutkan sampai minimal 3 bulan, jika perlu seterusnya. Hindari paparan sinar matahari jika menggunakan obat tersebut atau gunakan sunblock dengan SPF minimal 30. Namun memilih sunblock juga harus berhati-hati karena sebagian besar dapat memicu munculnya komedo lebih banyak, pilihlah sunblock dan semua produk perawatan kulit yang berlabel non-comedogenic. Pada jerawat yang berukuran besar dan meradang dapat diberikan suntik kortikosteroid. Jauhkan tangan Anda dari jerawat, dan apabila terdapat tanda-tanda peradangan, segera konsultasi ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mendapatkan terapi.

Untuk pola makan, kami rekomendasikan beberapa kandungan nutrisi utama yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kulit tetap sehat, antara lain:

Vitamin A, E & C

Vitamin A, vitamin E dan vitamin C membantu kelancaran proses regenerasi sel kulit, sehingga memperkecil risiko sel kulit mati menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah

Pada buah dan sayur terdapat banyak sekali nutrisi seperti vitamin, mineral, air dan juga antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

Mengkonsumsi air putih yang cukup

Anda perlu memperhatikan jumlah asupan cairan yang Anda konsumsi, idealnya orang dewasa dengan aktivitas fisik yang normal membutuhkan kurang lebih 8 gelas air putih per hari (minimal 1,5 liter per hari) untuk mencukupi kebutuhan cairannya. Jika jumlah asupan cairan yang Anda konsumsi kurang, hal tersebut dapat membuat kulit Anda menjadi lebih kering dan mudah kusam.

Hindari Makanan pedas & berminyak

Walau secara fisiologis medis belum ditemukan dampak langsung dari makanan pedas & berminyak kepada dampak kulit mudah berjerawat pada kulit berminyak, para ahli kebanyakan berasumsi hubungannya terdapat makanan pedas & berminyak merupakan pencetus keringat dan berpotensi menjadikan sumbatan di pori-pori jika kulit wajah tidak dijaga kebersihannya.

Hindari Makanan Berlemak & Berkalori Berlebih

Kandungan lemak yang berlebih tidak hanya tertimbun di bagian tubuh umum lemak tertimbun, seperti perut, paha, lengan, dsb. Namun juga memberikan ekses volume lemak di kulit wajah.

Pola Hidup

Hindari rokok, alkohol dan begadang.

Kulit kusam dan bernoda kemungkinan disebabkan karena perawatan wajah yang kurang tepat, asupan nutrisi yang kurang seimbang, rendahnya konsumsi air putih harian, ataupun faktor eksternal yang memang dapat mempengaruhi (sinar matahari, polusi, stress, kosmetik, dll).

Sinar matahari yang sehari-hari selalu mengenai tubuh kita memancarkan radiasi. Radiasi dari paparan sinar matahari berupa sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet B lebih berbahaya daripada sinar ultraviolet A. Upaya pertahanan dari kulit kita terhadap paparan radiasi tersebut berupa terjadinya pembentukan pigmen atau melanin oleh sel pembentuk pigmen di kulit, yaitu melanosit. Jika terjadi paparan yang berlebihan dapat timbul bercak-bercak hitam pada kulit, kemerahan seperti terbakar, atau jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, dapat terjadi kanker kulit.

Kulit yang hitam akibat sinar matahari dapat kembali lagi namun biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari, disarankan Anda memakai sunblock yang mengandung SPF 30. Sunblock yang mengandung SPF 30 akan melindungi kulit Anda selama 300 menit (5 jam). Selanjutnya Anda dapat mengulangi pemakaian sunblock kembali. Sunblock ini pun aman dipakai di muka. Rajinlah selalu mencuci muka Anda 2-3 kali perhari, terutama setelah pulang bepergian. Serta lindungi bagian tangan dengan pakaian berlengan panjang dan sunblock ketika beraktivitas di bawah terik matahari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Mengatasi Kulit Kusam, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar