Sukses

Anak Susah Minum Air Putih

27 Aug 2017, 18:15 WIB
Wanita, 37 tahun.

Sy punya anakPerempuan umur 34 bulan,, sangat susah minum air putih. Pernah panas dan sangat rewel, kemudian flu serta batuk, setelah dibwa kedktr, dktr cma kasi pdnurun panas dan obat batuk, setelah 3 hri dia kmbli panas tp batuk flux blm hilang, akhrx sy saranx u cek darah krn sy takut jgn2 gejala demam berdarah tp stlh hasil kelur smuax normal ,kecuali lymphocytes % (46.4) dan MCHC 31,4 dan RDW -SD 34,7 dan Granulocytes%( 45,9)... Ini dri hasil lab yg tinggi,,, Mohon penjelasanx dok, apakah anak sy mengarah ke gejala ISK (infeksi saluran kencing) stlh kmbli dri dktr yg kedua klix sdh tdk dikasi obt lg. Trimakasih dok sblmx atas jwaban dan informasix

Terima kasih telah bertanya tentang anak susah minum menggunakan layanan Tanya Dokter

Air seni berwarna kuning, keruh, atau pekat dapat menjadi pertanda dehidrasi atau kekurangan cairan. Salah satu tanda kebutuhan cairan terpenuhi adalah buang air kecil minimal 4x/hari, air kencing berwarna bening kekuningan. Kekurangan cairan dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan termasuk kelainan ginjal, gangguan pencernaan, gangguan elektrolit, dan sebagainya.

Memang sulit jika anak tidak dibiasakan minum air putih sejak selesai ASI ekslusif. Alasan bayi tidak suka minum air putih adalah karena rasanya yang tawar. Untuk menyiasatinya ada beberapa hal yang dapat dilakukan seperti:

mengurangi asupan susu, jika terlalu banyak minum susu anak merasa kenyang dan tidak haus sehingga bisa menyebabkan keinginan untuk makan dan minum berkurang
coba tambahkan lebih banyak air pada susu
buat makanan atau sayur dengan air/kuah yang lebih banyak
coba gunakan sendok berisi air putih terlebih dahulu kemudian baru menggunakan gelas
beli botol minum (bukan dot) atau gelas yang menarik, misalkan dengan gambar tokoh kartun yang sangat ia sukai kemudian diisi air putih. namun sebaiknya tidak mengganti dot dengan air putih karena membuat anak kaget ternyata yang dia minum bukan susu sehingga ia tidak mau minum.
bermain dan olahraga bersama, selain membantu stimulasi kecerdasan anak, membuat tubuh sehat, juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengajarkan banyak minum pada anak. setelah anak bermain ia akan merasa haus atau kelelahan pada saat ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan air putih pada anak.
berikan buah yang mengandung banyak air seperti melon, semangka, jeruk, dan lain-lain
berikan contoh kepada anak, Anda sebagai orang tua sangat suka dengan air putih. Saat makan bersama selalu beri contoh untuk banyak minum air putih. Anak adalah seorang peniru, ia akan mengikuti dan mempelajari apa yang dilakukan orang-orang sekitarnya.
teruslah mencoba setiap saat, setiap hari, dan jangan berputus asa, perlu waktu bagi anak untuk mempelajari sesuatu.
Berikut kami lampirkan artikel:

6 Alasan Harus Cukup Minum Air Putih
Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar