Sukses

Gigi Ngilu Setelah Pembersihan Karang Gigi dan Gusi Bengkak

27 Aug 2017, 17:28 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya mau tanya kemarin says baru selesai menjalankan scalling, setelah itu timbul rasa ngilu, pagi ini rasa ngilu menurun namun Ada beberapa gusi yang jadi membesar seperti bengkak, apakah itu normal? Gusi yang membesar itu berada di bagian kiri dan paling belakang (Gigi bungsu belum Ada)

Terimakasih telah bertanya tentang gigi ngilu setelah pembersihan karang gigi gusi seperti bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Gigi yang ngilu karena ada rangsangan makanan dan minuman yang dingin dapat berindikasi keadaan gigi sensitif. Gigi Anda yang ngilu setelah pembersihan karang gigi dapat disebabkan oleh bagian akar gigi yang sebelumnya tertutup karang gigi menjadi terbuka dan sensitif setelah karang gigi dibersihkan.

Penyebab umum dari gigi sensitif adalah gusi yang resesi/turun, yaitu rusaknya perlekatan gusi ke permukaan gigi sehingga gusi menjadi turun (pada gigi bawah) atau naik (pada gigi atas). Akibatnya permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos, padahal bagian akar gigi lebih sensitif karena tidak tertutup lapisan email seperti pada bagian mahkota. Gusi resesi dapat disebabkan karena cara sikat gigi yang salah, misalnya arah penyikatan gigi horizontal (seharusnya atas-bawah dengan sedikit memutar) apalagi dengan tekanan yang berlebihan, dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras. Selain hal ini pola makan yang banyak mengandung asam juga dapat merusak permukaan gigi yang kemudian menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Gigi karies (berlubang) juga dapat menimbulkan gejala rasa ngilu. Bedanya, karies terjadi karena infeksi bakteri dan lubang dapat terjadi dengan cepat sedangkan gigi sensitif sebetulnya tidak ada lubang gigi. Untuk memastikan penyebab yang sesungguhnya dari rasa ngilu yang Anda rasakan, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi segera. Mengatasi gigi sensitif ini dapat dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, tetapi bila keadaan masih berlanjut maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi.

Bila memang ngilu gigi akibat karang gigi, maka seharusnya ngilunya akan hilang bila karang gigi sudah dibersihkan. Namun jika ngilu gigi belum hilang, pasti ada penyebab lainnya. Kami sarankan untuk mulai memerhatikan apakah ada lokasi gigi spesifik yang selalu ngilu? Jika anda sudah mendapatkannya, konsultasikan dengan dokter gigi. 

Sedangkan gusi yang seperti bengkak sebenarnya adalah pembesaran gusi. Karang gigi yang menumpuk menyebabkan gusi meradang dan terlihat membesar dan mudah berdarah. Biasanya untuk kasus ringan setelah karang gigi dibersihkan gusi akan kembali seperti semula, untuk kasus yang lebih berat kadang ada yang tetap membesar namun tidak meradang.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi ngilu setelah pembersihan karang gigi gusi seperti bengkak, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar