Sukses

Penyebab dan Penanganan Floaters

27 Aug 2017, 18:15 WIB
Pria, 23 tahun.

Halo dok. Ingin konsul tntang mata kanan saya,saya menderita floters. Detailnya bayangan hitam seperti gell menghalangi pandangan saya. Awalnya Itu trdapat di mata kiri saya. Dan sudah di laser. Dan sekarang itu trjadi di mata kanan saya. Dan smakin lama makin banyak. Sya sdah ke dokter. Dan hanya diberi obat tetes vitrolenta dan noncort.Ia mngatakan tdak dpat di laser seperti hal nya pda mata kiri saya. Di karenakan ia blum melihat hal trsebut. dan blum ada robekan di retina saya. Sbgai orng awam tntunya saya khawatir hal trsebut sperti yg sblumnya. Jadi apa yg harus saya lakukan dok? Trimakasi...

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab floaters menggunakan layanan Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda, Untuk itu ijinkan kami menjelaskan sedikit mengenai floaters. Bintik atau benang hitam yang berjalan di sekitar mata atau disebut floaters kerap kali terjadi pada penderita miopia (pemakai kacamata minus). Pada mereka yang menggunakan kacamata minus dan mengalami miopia progresif atau kenaikan minus yang pesat, seringkali terjadi perubahan pada badan vitreus (substansi seperti gel yang mengisi bola mata), yang menyebabkan terjadinya floaters.

Jika Anda merasakan adanya peningkatan floaters, melihat kilatan-kilatan, atau bahkan merasa lapangan pandang menjadi berkurang sebaiknya hubungi dokter mata terdekat. Adanya floaters belum berarti terjadi ablasio retina. Namun, adanya floaters dengan kilatan-kilatan ditambah dengan pengurangan lapang pandang meningkatkan adanya kemungkinan terjadi ablasio retina atau terpisahnya lapisan sel kerucut dan sel batang retina dari sel epitel pigmen retina. Untuk memastikannya, lakukan pemeriksaan funduskopi pada dokter mata.

Kondisi ini sejatinya tidak disebabkan karena pemakaian laptop yang terlalu sering, namun lebih kearah secondary condition yang berarti disebabkan karena kondisi sistemik lain. Oleh karena itu silakan konsultasikan kembali kondisi dan pengobatan Anda kepada dokter spesialis mata yang merawat Anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar