Sukses

Nyeri Ulu Hati dan Kehamilan

27 Aug 2017, 18:07 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat sore dok, usia kehamilan saya 32 minggu, saya sering merasa perih atau nyeri sekitar pusar dan berlangsung smpai 30 detik kurang lebih, dan frekuensi 2-4x dalam sehari.. Sebelumnya sya sempat perdarahan, dan opname smpai 3hr. Dokter memberi sya nifedipine untuk meredakan kontraksi.. Menurut dokter apa yg harus saya lakukan apakah kejadian ini sngt berbahaya.. ?

Terimakasih telah bertanya tentang penyebab nyeri ulu hati pada ibu hamil menggunakan layanan Tanya Dokter

Perlu diketahui bahwa begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan rasa tidak nyaman di daerah ulu hati. Pada umumnya keluhan ini berkaitan dengan organ lambung. Seorang dengan keluhan lambung akan mengeluh perasaan nyeri ulu hati setelah makan, adanya panas pada ulu hati dan perut kembung. Apakah Anda merasa demikian?

Berikut adalah saran yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi gangguan pada lambung yang mungkin Anda miliki :

Hindari rokok dan asap rokok
Hindari stress
Olahraga selama 30 menit dengan frekuensi minimal 3 kali seminggu
Tidur cukup dengan durasi minimal 8 jam per hari
Makan sedikit tapi sering. Frekuensi makan dapat ditingkatkan hingga 6 kali sehari, dengan pembagian 3 kali makan besar, 3 kali makan kecil (snack)
Jangan konsumsi apapun dalam durasi 4 jam sebelum tidur
Jangan berbaring setelah makan
Hindari alkohol, kopi, cokelat, tomat, bawang, makanan berlemak, atau pedas
Jangan kenakan pakaian ketat, terutama yang menekan bagian perut
Hindari konsumsi obat-obatan golongan nitrat, antikolinergik, antidepresantrisiklik dan NSAID tanpa petunjuk Dokter, dan selalu informasikan Dokter Anda bila Anda memiliki GERD.
Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan menyeluruh untuk mendapatkan diagnosa tepat beserta tata laksana terbaik sesuai dengan kondisi Anda saat ini, terlebih karena Anda sedang mengandung yang tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang cukup.

 

Berikut beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda:

Dispepsia
6 Makanan Perparah Maag
Beda Sakit Maag dan GERD
Sakit Batu Empedu Sering Dikira Maag
6 Makanan Pencegah Perut Kembung
Menghilangkan Kembung
Inilah Arti Warna Tinja Terhadap Kesehatan Anda
Semoga penjelasan ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar