Sukses

Benjolan Di Bawah Rahang Dan Tidak Nyeri

27 Aug 2017, 16:48 WIB
Wanita, 21 tahun.

Saya mau tanya dok. Terdapat benjolan dibawah rahang saya (saat dipegang tidak sakit) dan sudah 2 minggu tidak sembuh juga. Padahal saya sudah berobat ke poliklinik . Kira kira bagaimana ya dok?

Terimakasih telah bertanya seputar benjolan di bawah rahang dan tidak sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Benjolan pada leher atau di bawah rahang dapat disebabkan oleh banyak hal, yang paling sering ditemukan adalah kelenjar getah bening yang membengkak. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem getah bening, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Getah bening merupakan getah atau cairan bening yang mengalir di sistem getah bening dan mengangkut limfosit (salah satu jenis sel darah putih). Limfosit berperan dalam melindungi tubuh terhadap infeksi dan terhadap perkembangan kanker. Kelenjar getah bening dapat membesar karena adanya peningkatan limfosit atau makrofag sebagai respon kekebalan tubuh dari adanya agen infeksi (bakteri atau virus), karena keganasan kelenjar itu sendiri ataupun (limfoma), karena penumpukan bakteri, virus, jamur, ataupun sel-sel metastatis (sel sebar kanker dari paru, hidung, payudara) pada kelenjar tersebut.

Pembengkakan dari kelenjar liur yang terletak di bawah rahang bawah dapat disebabkan oleh infeksi ataupun keganasan. Bengkak pada kulit atau tepat di bawah kulit biasanya disebabkan oleh kista, termasuk kista sebasea (kelenjar minyak). Pada kelenjar tiroid di bagian depan atau tengah leher dapat ditemukan benjolan, baik soliter maupun multipel, karena adanya penyakit tiroid atau keganasan. Benjolan lainnya yang dapat terjadi di daerah leher adalah lipoma yaitu tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.

Untuk itu perlu diketahui karakteristik benjolan tersebut, selain sedikit sakit,bisa dipindah-pindah seperti perabaannya kenyal atau tidak, apakah semakin membesar, apakah didahului oleh radang, dll. Kami menyarankan anda memeriksakan benjolan tersebut ke dokter umum, untuk mengetahui secara pasti penyebab benjolan karena harus dilihat dan diraba secara langsung.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai benjolan di bawah rahang dan tidak sakit, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar