Sukses

Pertanyaan Seputar Kesemutan

27 Aug 2017, 15:37 WIB
Wanita, 18 tahun.

Seluruh banda terasa kesemutan sewaktu tidur dan terasa berat ,tak boleh digerakkan

Terima kasih telah bertanya mengenai kesemutan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun, untuk menentukan penyebab keluhan yang dialami, ada beberapa data lebih lanjut yang dibutuhkan, seperti sudah berapa lama kesemutan dirasakan, pada jari-jari mana sajakah kesemutan dirasakan, apakah keluhan dirasakan hilang timbul atau menetap, apakah ada faktor-faktor tertentu yang memperberat keluhan, dan sebagainya.

Kesemutan, atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sensasi tersebut adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf, yang menimbulkan sensasi yang kita sebut sebagai kesemutan.

Kesemutan terjadi jika saraf dan pembuluh darah mengalami tekanan, misalkan saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka persarafan dan aliran darah dapat terganggu. Umumnya, kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan. Penyebab lain dari kesemutan dapat terjadi akibat dari gangguan pada saraf tepi, otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak. Penyebab kesemutan akibat penyakit lain diantaranya adalah diabetes melitus, carpal tunnel syndrome (CTS), gangguan jantung, dan penyakit rematik. Kami menyarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf guna dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis dan penatalaksanaan yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kesemutan, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar