Sukses

Kulit Buah Zakar Keras, Kasar, Gatal, dan Perih

27 Aug 2017, 14:11 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok buah zakar saya kulitnya keras mengkerut dan terasa gatal perih, saya sudah pakai krim hidrokortison tetapi malah tambah perih dan gatal, apa penyababnya? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Terimakasih telah bertanya tentang infeksi jamur kelamin melalui fitur Tanya Dokter.

Dari riwayatnya, sangat mungkin Anda terinfeksi jamur di area kelamin dan selangkangan. Penyakit jamur yang mengenai daerah kelamin dan selangkangan seperti yang Anda keluhkan dapat disebabkan oleh jamur dermatofita atau candida, dalam dunia kedokteran disebut sebagai tinea kruris.

Kulit kelamin dan selangkangan merupakan tempat di mana jamur berkembang biak dengan cepat karena lembap dan hangat. Penderita diabetes dan obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gatal pada selangkangan akibat infeksi jamur.

Infeksi jamur biasanya mengenai daerah kulit buah zakar atau selangkangan. Keluhan utama adalah rasa gatal yang hebat terutama ketika berkeringat. Ruam berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Bagian tengah menyembuh berupa daerah coklat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit.

Untuk mengatasinya, diperlukan konsumsi antijamur dan juga obat oles antijamur. Pengobatannya cukup lama, untuk infeksi jamur biasanya membutuhkan waktu 2-4 minggu. Pengobatan dengan krim hidrokortison maupun krim steroid lainnya hanya memperburuk kondisi.

Sebelum memulai pengobatan, Anda perlu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Pemeriksaan langsung perlu dilakukan agar didapatkan diagnosis yang tepat serta penanganan yang optimal. Diagnosis yang hanya berdasarkan cerita tanpa dilihat langsung (terutama untuk kelainan kulit) sangat berisiko menjadi diagnosis yang tidak tepat.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kebersihan daerah selangkangan:

  • Mandi minimal 2 kali sehari, dan mengganti pakaian dalam bila sudah lembab
  • Infeksi jamur ini juga dapat menyebar ke bagian kulit lainnya bila Anda menggaruk bagian yang terinfeksi dan kemudian menyentuh bagaian tubuh lainnya sebelum mencuci tangan. Untuk itu pastikan Anda mencuci tangan Anda setelah menggaruk dan  mencuci dengan bersih setiap pakaian (tidak dipakai ulang beberapa kali) untuk menghindari penularan dan penyebaran dan kekambuhan kembali

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar infeksi jamur kelamin. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar