Sukses

Pertanyaan Seputar Urin Coklat Setelah Olahraga

27 Aug 2017, 13:24 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat malam dok, 3 hari berturut-turut saya melakukan fitness kemudian urin saya menjadi coklat. Apakah ini ada pengaruhnya dengan aktivitas yang saya lakukan? Saya sudah minum banyak air mineral tetapi urin masih coklat. Apakah ini merupakan suatu pertanda penyakit? dan apa yang harus saya lakukan? thanks

Terima kasih telah bertanya mengenai urin coklat setelah olahraga menggunakan fitur Tanya Dokter.

Dari keluhan yang Anda sampaikan, terdapat beberapa kemungkinan kondisi yang terjadi pada Anda, diantaranya adalah dehidrasi dan mioglobinuria. Pada kondisi dehidrasi, warna urin cenderung lebih pekat dan berwarna kecoklatan. Namun apabila telah mengkonsumsi cukup cairan, warna urin akan kembali lagi seperti normal, kuning jernih.

Mioglobinuria adalah kondisi yang ditandai dengan adanya mioglobin di urin. Mioglobin merupakan cadangan oksigen yang terdapat di otot. Namun kondisi ini jarang dialami. Biasanya terjadi pada atlet atau pada kelainan rabdomiolisis (kondisi dimana terjadi penghancuran massa otot secara berlebih).

Mengingat pentingnya wawancara medis dan pemeriksaan fisis dalam menentukan diagnosis, apabila keluhan Anda berlanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter secara langsung untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai urin coklat setelah olahraga, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar